1. Jarak dua kota pada peta adalah 12 cm. Jarak sebenarnya antara kedua kota tersebut adalah 144 km. Tentukanlah besar skalanya !
Penyelesaian :
Diketahui :
Jarak pada peta = 12 cm
Jarak sebenarnya = 144 km = 14.400.000 cm
Ditanya :
Skala
Jawab :
Skala = Jarak pada peta : Jarak sebenarnya
Skala = 12 : 14.400.000
Skala = 1 : 1.200.000
Sehingga, skalanya adalah 1 : 1.200.000
2. Jarak antara dua kota di peta adalah 17 cm. Di peta, diketahui besar skalanya adalah 1 : 1.500.000. Berapakah jarak asli antara dua kota tersebut ?
Penyelesaian :
Diketahui :
Jarak pada peta = 17 cm
Skala pada peta = 1 : 1.500.000
Ditanya :
Jarak sebenarnya
Jawab :
Skala = Jarak pada peta : Jarak sebenarnya
Jarak sebenarnya = Jarak pada peta : skala
Jarak sebenarnya = 17 : (1 : 1.500.000)
Jarak sebenarnya = 17 x 1.500.000
Jarak sebenarnya = 25.500.000 cm
Jarak sebenarnya = 255 km
Sehingga, jarak yang sebenarnya adalah 255 km.
3. Jarak Palembang ke Bengkulu adalah sekitar 450 km. Apabila murid SMP Cemerlang diminta menggambar peta dengan skala 1 : 75.000.000, maka berapakah jarak antara Palembang dan Bengkulu di peta ?
Penyelesaian :
Diketahui :
Jarak sebenarnya = 450 Km = 45.000.000 cm
Skala = 1 : 75.000.000
Ditanya :
Jarak di peta
Jawab :
Skala = Jarak pada peta : Jarak sebenarnya
Jarak pada peta = Skala x Jarak sebenarnya
Jarak pada peta = (1 : 75.000.000) x 450.000.000cm
Jarak pada peta = 6 cm
Maka, jarak yang harus dibuat oleh siswa SMP Cemerlang adalah 6 cm.
4. Sebuah persegi panjang dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 12,5 cm. Tentukan perbandingan antara keliling dengan panjang persegi panjang tersebut!
Penyelesaian :
Diketahui :
Panjang = 50 cm
Lebar = 12,5 cm
Ditanya :
Perbandingan antara keliling dengan dua kali panjang persegi panjang tersebut
Jawab :
Keliling persegi panjang = 2 x ( Panjang + Lebar)
Keliling persegi panjang = 2 x ( 50 cm + 12,5 cm)
Keliling persegi panjang = 2 x (62,5 cm)
Keliling persegi panjang = 125 cm
Dua kali panjang = 2 x panjang persegi panjang
Dua kali panjang = 2 x 50cm
Dua kali panjang = 100cm
Perbandingan = Keliling : Dua kali panjang persegi panjang
Perbandingan = 125 cm : 100 cm
Perbandingan = 5 : 4
Sehingga, perbandingannya adalah 5 : 4
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
KRITERIA KETUNTASAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP) SMP Negeri 2 Purbalingga
KKTP KRITERIA KETUNTASAN TUJUAN PEMBELAJARAN KKTP merupakan
-
Assalamu'alaikum wr wb Selamat pabi Ibu dan Bapak Guru Di Awal pergantian kurikulum ini tentunya ibu dan bapak guru juga sedang sibuk m...
-
Alur & Tujuan pembelajaran IPA SMP (Fase D) Download CP, ATP, MA PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SEMUA Mata Pelajaran Klik Link ini T...
-
Soal Latihan UNBK/UNKP Bahasa Indonesia Tentang Surat Lamaran Pekerjaan Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020. Tidak terasa sebentar lagi kita...
No comments:
Post a Comment