Assalamu'alaikum wr wb
Selamat pabi Ibu dan Bapak Guru
Di Awal pergantian kurikulum ini tentunya ibu dan bapak guru juga sedang sibuk mempersiapkan perangkat pembelajaran baik itu CP, ATP, Modul Ajar dan Rapot, Kurikulum Merdeka.
Ibu dan bapak guru kali ini saya berbagi Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka
1. Modul Ajar PAPB
2. Modul Ajar Bahasa Indonesia
3. Modul Ajar IPA
4. Modul Ajar IPS
5. Modul Ajar PJOK
6. Modul Ajar Matematika
7, Modul Ajar TIK
download Modul Ajar dapat melalui Link https://s.id/Kurikulum_merdeka
CONTOH MODUL AJAR KURIKULUM
MERDEKA
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Purbalingga
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/semester : VII/1 (satu)
Materi Pokok : Zat
dan Perubahan
Eka Setya Budi Nugroho SMP N 2 Purbalingga |
SMP Kelas 7 |
32 Siswa |
8 JP |
@ Waktu 40 Menit |
SUB 1 |
A.
IDENTITAS
UMUM
A. Kompetensi
Awal |
Sebelum
mempelajari modul ini peserta didik diharapkan sudah memahami macam-macam zat |
B. Profil
Pelajar Pancasila |
Beriman,
Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Gotong
royong pada elemen kolaborasi. Bernalar
Kritis pada elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran. |
C. Sarana
dan Prasarana |
Media
Ajar : Video Pembelajaran , LKPD,
Gambar Alat
Ajar : HP, Laptop, Proyektor, Papan
Tulis, Spidol, Penghapus, dll Sumber
belajar : Buku Paket IPA SMP/MTs Kelas VII Kemdikbud 2021 |
D. Target
Peserta Didik |
Modul
ini diperuntukan bagi Peserta Didik dengan kebutuhan belajar: 1.
Reguler, tidak ada kesulitan dari segi pribadi
(mencerna dan memahami materi ajar) dan perangkat (tidak ada kendala teknis
pada saat pembelajaran) 2.
Kesulitan belajar, dari segi pribadi memiliki
kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar dan/atau dari segi
perangkat terkendala jaringan internet/media lainnya. 3.
Pencapaian tinggi, mencerna dan memahami materi
ajar dengan sangat cepat. 4.
Profil ; gaya belajar yang berbeda |
E.
Model
Pembelajaran |
1.
Pertemuan 1 :
Discovery Learning 2.
Pertemuan 2 :
Discovery Learning 3.
Pertemuan 3 :
Discovery Learning |
F.
Pendekatan Pembelajaran |
1.
Pertemuan 1 :
Saintifik 2.
Pertemuan 2 :
Saintifik 3.
Pertemuan 3 :
Saintifik |
G.
Metode Pembelajaran |
1.
Pertemuan 1 :
Diskusi, Eksperimen, Simulasi, Presentasi 2.
Pertemuan 2 :
Diskusi, Eksperimen, Simulasi, Presentasi 3.
Pertemuan 3 :
Diskusi, Eksperimen, Simulasi, Presentasi |
H.
Assesmen Guru |
Assesmen
Diagnostik dan Assesmen Sumatif |
I.
Jenis Assesmen |
Tertulis
: Pilihan Ganda, Uraian,
Portopolio Keterampilan
: Unjuk Kerja Sikap : Profil Pelajar Pancasila |
B.
Komponen
Inti
Capaian Pembelajaran |
· Peserta peserta
didik mampu melakukan klasifikasi makhluk hidup dan benda berdasarkan
karakteristik yang diamati, mengidentifikasi sifat dan karakteristik zat, membedakan
perubahan fisik dan kimia serta memisahkan campuran sederhana. |
Tujuan Pembelajaran |
Pertemuan
1 · Melalui
Kegiatan Diskusi Siswa dapat menjelaskan perbedaan keadaan partikel dalam zat
padat, cair dan gas dengan benar · Melalui
Kegiatan Diskusi Siswa dapat mendeskripsikan peristiwa difusi dalam zat cair
dan gas dalam keseharian dengan benar · Melalui
Kegiatan Diskusi Siswa dapat membuat model partikel zat padat dengan benar · Melalui
Kegiatan permainan Siswa dapat menerapkan konsep pergerakan partikel dalam
menjelaskan fenomena yang terjadi di sekitas dengan benar Pertemuan
2 · Melalui
kegiatan diskusi siswa dapat menjelaskan proses perubahan wujud zat dalam
skala partikel dengan benar · Melalui
kegiatan diskusi siswa dapat mengintrerprestasi wujud zat pada suhu yang
bervariasi berdasarkan data titik didih dan titik leleh dengan benar · Melalui
kegiatan diskusi siswa dapat menganalisis data titik didih dan titik leleh
dengan benar Pertemuan
3 · Melalui
kegiatan diskusi siswa dapat membedakan perubahan fisika dan kimia dengan
benar ·
Melalui
kegiatan diskusi siswa dapat mendeskripsikan siklus air dalam kaitannya
dengan perubahan wujud zat dengan benar · Melalui
kegiatan diskusi siswa dapat menyebutkan tanda-tanda terjadinya reaksi kimia
dengan benar ·
Melalui
kegiatan diskusi siswa dapat menentukan masa jenis suatu benda padat dengan
benar ·
Melalui
kegiatan diskusi siswa dapat mendeskripsikan pengaruh perbedaan kerapatan zat
pada peristiwa mengapung tenggelam dengan benar |
Pemahaman Bermakna |
· Siswa
menemukan sendiri model partikel zat, membandingkan sifat zat padat, cair dan
gas · Siswa dapat
menjelaskan perubahan wujud zat · Siswa dapat
mengetahui perubahan fisika dan kimia |
Materi Ajar |
· Pertemuan
1 : Model Partikel Zat · Pertemuan
2 : Mengenal Perubahan Wujud Zat · Pertemuan
3 : Mengenal Perubahan Fisika Dan Perubahan Kimia |
Alat dan bahan |
· |
Kegiatan berdiferensiasi |
·
Peserta didik Visual : Disajikan gambar pada setiap teks bacaan ·
Peserta didik Auditori : Disajikan link video pembelajaran ·
Peserta didik Kinestetik : Praktikum |
C.
Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1
· Pertemuan
1 : Wujud Zat dan Model Partikel Zat
Pertanyaan Pemantik: · Bagaimana
bentuk Air jika di tuang pada mangkok? |
Kegiatan Pembuka
waktu 15” -
Orientasi Guru membuka
pembelajaran dengan mengucapkan salam -
Guru mengucapkan rasa syukur -
Guru dan siswa berdoa sebelum memulai pembelajaran -
Guru mengecek kehadiran siswa dan menyiapkan
psikis siswa dan lingkungan belajar -
Guru dan siswa membuat kesepakatan bersama -
Guru melakukan apersepsi materi yang telah di pelajari minggu lalu, dan
menyampaikan materi prasyarat -
Guru memberikan motivasi tentang manfaat
dan tujuan pembelajaran -
Guru memberi
acuan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai -
Menyampaikan garis besar cakupan materi -
Menyampaikan
metode pembelajaran dan teknik pembelajaran dan penilaian yang akan
digunakan -
Guru memberikan preetes |
Kegiatan Inti waktu 55 “ Stimulation v Guru memutar video mencairnya Es Di kutub / membaca buku LKS
halaman 39 untuk memberikan stimulus. https://www.youtube.com/watch?v=cUvxb8hZ0cU 2022 Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada Perubahan Zat
Problem Statemen v Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan video / Bacaan yang disajikan dan
akan dijawab melalui kegiatan belajar, v Guru membuat
kelompok kecil (4 s.d. 5 siswa) menurut kemampuan yang hetrogen serta berbagi
peran/tugas untuk melakukan kegiatan penyelidikan dan diberikan LKS masing
masing siswa v Guru
membimbing siswa melakukan kegiatan eksperimen sesuai petunjuk LKS menggunakan
Peralatan yang sudah dibawa v Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan pada LKS Zat dan Perubahannya pada LKS
Data Processing v Guru menyampaikan pada
peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan v Peserta didik
dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara o
menyelesaikan pertanyaan pada LKS dengan berbagai
sumber yang relevan o
Hasil belajar yang diharapkan: tabel dan gambar model partikel zat v Guru memantau kegiatan
siswa dalam menggali data
Verifikation v Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya bersama kelompoknya untuk dipresentasikan
di depan v Guru memverifikasi / feedback
hasil presentasi yang telah dilakukan tiap kelompok v Guru memimpin diskusi
kelompok
Generalization v Guru memandu siswa untuk
membuat kesimpulan v Siswa berdiskusi
untuk menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan v Siswa menyampaikan hasil
diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis,
atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan melalui
presentasi di depan kelas v Guru memberi waktu untuk
pertanyaan atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang
menunjukkan kinerja dan kerjasama yang paling baik v Guru menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan v Guru memberi penguatan
konsep (feedback). |
Kegiatan Penutup waktu 10” v Guru dan siswa
menyimpulkan pembelajaran v Guru dan siswa
bersama-sama membuat refleksi untuk evaluasi tentang kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan v Guru membuat
umpan balik terhadap proses pembelajaran yang baru dilakukan v Guru meminta
siswa mengerjakan Assessment sumatif. v Guru melakukan penilaian
dengan observasi v Guru memberi informasi
materi pada pertemuan yang akan datang v Guru memberi penugasan
rumah v Guru menutup Pembelajaran
dengan salam |
Assesmen Diagnostik : Angket pemahaman materi Sikap : Observasi PPPP :
Gotongroyong, mandiri, bernalar kritis Pengetahuan : Tes tertulis (Evaluasi Vormatif) Performa : Penilaian Kinerja
Keterampilan dan Proses kegiatan diskusi |
Pertemuan
2
· Pertemuan
2 : Perubahan wujud zat
Pertanyaan
Pemantik: Air
Hujan Dari mana?... |
Kegiatan
Pembuka Waktu 15” Orientasi v Guru melakukan pembukaan dengan mengucapkan
salam pembuka dan menanyakan kabar siswa v Guru mengucapkan syukur v Guru mengajak berdoa
mengawali pembelajaran v Guru memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. v Kesepakatan Bersama
Apersepsi v Mendiskusikan kompetensi yang sudah
dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan materi dan Melalui
tanya jawab membahas kembali materi sebelumnya v Mengaitkan
materi/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta
didik dengan materi sebelumnya, v Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Guru memberikan gambaran
tentang manfaat pembelajaran yang akan dipelajari. v Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran perubahan wujud zat v Guru menyampaikan rencana
penilaian dan bobot penilaian yang
dilakukan
Pemberian Acuan v Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari v Menyampaikan
garis besar cakupan materi v Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian
yang akan digunakan v Guru
memberikan preetes 2-3 pertanyaan secara lisan v Guru membagi
hand out bahan ajar
|
Kegiatan Inti waktu 55 “ Stimulation v Guru menampilkan video penguapan kapur barus/ pengharum ruangan
untuk memberikan stimulus. Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik perubahan wujud zat
Problem Statemen v Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan video yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, v Guru membuat
kelompok kecil (4 s.d. 5 siswa) menurut kemampuan yang hetrogen serta berbagi
peran/tugas untuk melakukan kegiatan penyelidikan dan diberikan LKPD masing
masing siswa v Guru
membimbing siswa melakukan kegiatan eksperimen sesuai petunjuk LKPD
menggunakan Peralatan yang sudah ada v Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan pada LKPD yang tersedia
Data Processing v Guru menyampaikan pada
peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan v Peserta didik
dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara o
menyelesaikan pertanyaan pada LKPD dengan berbagai
sumber yang relevan o
Hasil belajar yang diharapkan: Berupa skema perubahan wujud
zat v Guru memantau kegiatan
siswa dalam menggali data
Verifikation v Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya bersama kelompoknya untuk dipresentasikan
di depan v Guru memverifikasi / feedback
hasil presentasi yang telah dilakukan tiap kelompok v Guru memimpin diskusi
kelompok
Generalization v Guru memandu siswa untuk
membuat kesimpulan v Siswa berdiskusi
untuk menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan v Siswa menyampaikan hasil
diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis,
atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan melalui
presentasi di depan kelas v Guru memberi waktu untuk
pertanyaan atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang
menunjukkan kinerja dan kerjasama yang paling baik v Guru menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan v Guru memberi penguatan
konsep (feedback). |
Kegiatan
Penutup waktu 10” v Guru dan siswa
menyimpulkan pembelajaran v Guru dan
Peserta didik bersama-sama membuat refleksi untuk evaluasi tentang kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan v Guru membuat
umpan balik terhadap proses pembelajaran yang baru dilakukan v Guru meminta
siswa mengerjakan Assessment sumatif. v Guru melakukan penilaian
dengan observasi v Guru memberi informasi
materi pada pertemuan yang akan datang perubahan
fisika dan perubahan kimia v Guru memberi penugasan
rumah v Guru menutup Pembelajaran
dengan salam |
Pertemuan
3
· Pertemuan
3 : Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia
Pertanyaan
Pemantik: Apa
bedanya lilin yang dibakar dengan kertas dibakar |
Kegiatan
Pembuka Waktu 15” Orientasi v Guru melakukan pembukaan dengan mengucapkan
salam pembuka dan menanyakan kabar siswa v Guru mengucapkan syukur v Guru mengajak berdoa
mengawali pembelajaran v Guru memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. v Kesepakatan Bersama
Apersepsi v Mendiskusikan kompetensi yang sudah
dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan materi dan Melalui
tanya jawab membahas kembali materi sebelumnya v Mengaitkan
materi/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta
didik dengan materi sebelumnya, v Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Guru memberikan gambaran
tentang manfaat pembelajaran yang akan dipelajari. v Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran mengetahui perubahan fisika dan perubahan kimia v Guru menyampaikan rencana
penilaian dan bobot penilaian yang
dilakukan
Pemberian Acuan v Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari v Menyampaikan
garis besar cakupan materi v Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian
yang akan digunakan v Guru
memberikan preetes 10 pertanyaan v Guru membagi
hand out bahan ajar
|
Kegiatan Inti waktu 55 “ Stimulation v Guru Memberi stimulan memperagakan kertas dibakar dan dipotong untuk
memberikan stimulus. Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik perubahan
fisika dan perubahan kimia Problem Statemen v Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan demonstrasi yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, v Guru membuat
kelompok kecil (4 s.d. 5 siswa) menurut kemampuan yang hetrogen serta berbagi
peran/tugas untuk melakukan kegiatan penyelidikan dan diberikan LKPD masing
masing siswa v Guru
membimbing siswa melakukan kegiatan diskusi sesuai petunjuk LKPD v Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan pada LKPD pada tebal yang tersedia
Data Processing v Guru menyampaikan pada
peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan v Peserta didik
dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara o
menyelesaikan pertanyaan pada LKPD dengan berbagai
sumber yang relevan o
Hasil belajar yang diharapkan: Dapat membedakan perubahan fisika dan
perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari v Guru memantau kegiatan
siswa dalam menggali data
Verifikation v Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya bersama kelompoknya untuk dipresentasikan
di depan kelas v Guru memverifikasi / feedback
hasil presentasi yang telah dilakukan tiap kelompok v Guru memimpin diskusi
kelompok
Generalization v Guru memandu siswa untuk
membuat kesimpulan v Siswa berdiskusi
untuk menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan v Siswa menyampaikan hasil
diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis,
atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan melalui
presentasi di depan kelas v Guru memberi waktu untuk
pertanyaan atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. v Guru memberi penghargaan
kepada kelompok yang menunjukkan kinerja dan kerjasama yang paling baik v Guru menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan v Guru memberi penguatan
konsep (feedback). |
Kegiatan
Penutup waktu 10” v Guru dan siswa
menyimpulkan pembelajaran v Guru dan
Peserta didik bersama-sama membuat refleksi untuk evaluasi tentang kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan v Guru membuat
umpan balik terhadap proses pembelajaran yang baru dilakukan v Guru meminta
siswa mengerjakan Assessment sumatif. v Guru melakukan penilaian
dengan observasi v Guru memberi informasi
materi pada pertemuan yang akan datang suhu, kalor,
dan pemuaian v Guru memberi penugasan
rumah v Guru menutup Pembelajaran
dengan salam |
D.
Asesmen:
Jenis |
Bentuk)* |
)* ü Sikap (profil pelajar pancasila): Observasi, penilaiandiri,
penilaian
teman sebaya, dll ü Performa: observasi,
jurnal ü Tertulis: essay, pilihan ganda, jawab singkat, benar-salah |
1.
Asesmen Diagnostik (sebelum pembelajaran) |
1.
Asesmen Diagnostik -
Kesiapan belajar siswa seperti kepemilikan gadget,
kesediaan kuota internet, dsb. -
Profil atau gaya belajar siswa
(visual/auditori/kinestetik) -
Tes diagnostik kognitif (tes objektif pengetahuan
awal tentang Efek rumah kaca dan Dampak serta solusi perubahan iklim) -
Tes diagnostik non-kognitif (minat terhadap
konten) |
|
2.
Asesmen Formatif (selama pembelajaran) |
Asesmen
Formatif -
Kemampuan menemukan sumber informasi -
Keterlibatan dalam diskusi -
Kemampuan berpikir komputasi -
Kemampuan berpikir kreatif |
|
3.
Asesmen Sumatif (akhir pembelajaran) |
|
E.
Pengayaan dan Remidi
a.
Remedial v
Remedial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian :
remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai
Kompetensi Dasar v
Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut. ª
Peserta didik yang belum menguasai materi
akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan penilaian
kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari
tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada
waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai). v
Tulis
kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk: Ø
pembelajaran
ulang Ø
bimbingan
perorangan Ø
belajar
kelompok Ø
pemanfaatan
tutor sebaya Ø
bagi
peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis
penilaian.
b.
Pengayaan v
Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar. v
Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik. v
Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya ª
Peserta didik yang sudah menguasai materi
mengerjakan soal pengayaan yang telah
disiapkan oleh guru
berupa
pertanyaan-pertanyaan pilihan
ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai
bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan v
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan
belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau
pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugasmengerjakan
soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku
referensi dan mewawancarai narasumber.. |
F. Refleksi Peserta Didik dan Guru
|
G.
LAMPIRAN
1.
LKS
2.
Asesmen
3.
Bahan Ajar Guru dan Peserta Didik
4.
Glosarium
5.
Daftar Pustaka
Mengetahui Kepala Sekolah
Titik Widajati, S.Pd., M.Pd. NIP. 19680619 199103 2 010 |
Purbalingga, 16 Juli 2022 Guru Mata Pelajaran
Eka Setya Budi Nugroho |
No comments:
Post a Comment