Monday, September 26, 2022

Modul Ajar IPA Kelas 7 Semester 1 Kurikulum Merdeka

 Assalamu'alaikum wr wb
Selamat pabi Ibu dan Bapak Guru
Di Awal pergantian kurikulum ini tentunya ibu dan bapak guru juga sedang sibuk mempersiapkan perangkat pembelajaran baik itu CP, ATP, Modul Ajar dan Rapot, Kurikulum Merdeka. 
Ibu dan bapak guru kali ini saya berbagi Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka 
1. Modul Ajar PAPB
2. Modul Ajar Bahasa Indonesia
3. Modul Ajar IPA 
4. Modul Ajar IPS
5. Modul Ajar PJOK
6. Modul Ajar Matematika
7, Modul Ajar TIK  
download Modul Ajar dapat melalui Link  https://s.id/Kurikulum_merdeka


CONTOH MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 2 Purbalingga

Mata Pelajaran             : IPA

Kelas/semester            : VII/1 (satu)

Materi Pokok              : Zat dan Perubahan

 


Eka Setya Budi Nugroho

SMP N 2 Purbalingga

SMP

Kelas 7

32 Siswa

8 JP

@ Waktu

40 Menit

SUB 1

 

A.    IDENTITAS UMUM

A.  Kompetensi Awal

Sebelum mempelajari modul ini peserta didik diharapkan sudah memahami macam-macam zat

B.  Profil Pelajar Pancasila

Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia,
Berkebinekaan Global,

Gotong royong pada elemen kolaborasi.

Bernalar Kritis pada elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran.

C.  Sarana dan Prasarana

Media Ajar      : Video Pembelajaran , LKPD, Gambar

Alat Ajar     : HP, Laptop, Proyektor, Papan Tulis, Spidol, Penghapus, dll

Sumber belajar : Buku Paket IPA SMP/MTs Kelas VII Kemdikbud 2021

D.  Target Peserta Didik

Modul ini diperuntukan bagi Peserta Didik dengan kebutuhan belajar:

1.      Reguler, tidak ada kesulitan dari segi pribadi (mencerna dan memahami materi ajar) dan perangkat (tidak ada kendala teknis pada saat pembelajaran)

2.      Kesulitan belajar, dari segi pribadi memiliki kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar dan/atau dari segi perangkat terkendala jaringan internet/media lainnya.

3.      Pencapaian tinggi, mencerna dan memahami materi ajar dengan sangat cepat.

4.      Profil ; gaya belajar yang berbeda

E.   Model Pembelajaran

1.      Pertemuan 1    : Discovery Learning

2.      Pertemuan 2    : Discovery Learning

3.      Pertemuan 3    : Discovery Learning

F.   Pendekatan Pembelajaran

1.      Pertemuan 1    : Saintifik

2.      Pertemuan 2    : Saintifik

3.      Pertemuan 3    : Saintifik

G.  Metode Pembelajaran

1.      Pertemuan 1    : Diskusi, Eksperimen, Simulasi, Presentasi

2.      Pertemuan 2    : Diskusi, Eksperimen, Simulasi, Presentasi

3.      Pertemuan 3    : Diskusi, Eksperimen, Simulasi, Presentasi

H.  Assesmen Guru

Assesmen Diagnostik dan Assesmen Sumatif

I.     Jenis Assesmen

Tertulis            : Pilihan Ganda, Uraian, Portopolio

Keterampilan   : Unjuk Kerja

Sikap               : Profil Pelajar Pancasila

 

B.     Komponen Inti

Capaian Pembelajaran

·       Peserta peserta didik mampu melakukan klasifikasi makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati, mengidentifikasi sifat dan karakteristik zat, membedakan perubahan fisik dan kimia serta memisahkan campuran sederhana.

Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1

·       Melalui Kegiatan Diskusi Siswa dapat menjelaskan perbedaan keadaan partikel dalam zat padat, cair dan gas dengan benar

·       Melalui Kegiatan Diskusi Siswa dapat mendeskripsikan peristiwa difusi dalam zat cair dan gas dalam keseharian dengan benar

·       Melalui Kegiatan Diskusi Siswa dapat membuat model partikel zat padat dengan benar

·       Melalui Kegiatan permainan Siswa dapat menerapkan konsep pergerakan partikel dalam menjelaskan fenomena yang terjadi di sekitas dengan benar

Pertemuan 2

·       Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menjelaskan proses perubahan wujud zat dalam skala partikel dengan benar

·       Melalui kegiatan diskusi siswa dapat mengintrerprestasi wujud zat pada suhu yang bervariasi berdasarkan data titik didih dan titik leleh dengan benar

·       Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menganalisis data titik didih dan titik leleh dengan benar

Pertemuan 3

·       Melalui kegiatan diskusi siswa dapat membedakan perubahan fisika dan kimia dengan benar

·       Melalui kegiatan diskusi siswa dapat mendeskripsikan siklus air dalam kaitannya dengan perubahan wujud zat dengan benar

·       Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyebutkan tanda-tanda terjadinya reaksi kimia dengan benar

·       Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menentukan masa jenis suatu benda padat dengan benar

·       Melalui kegiatan diskusi siswa dapat mendeskripsikan pengaruh perbedaan kerapatan zat pada peristiwa mengapung tenggelam dengan benar

Pemahaman Bermakna

·       Siswa menemukan sendiri model partikel zat, membandingkan sifat zat padat, cair dan gas

·       Siswa dapat menjelaskan perubahan wujud zat

·       Siswa dapat mengetahui perubahan fisika dan kimia

Materi Ajar

·       Pertemuan 1 : Model Partikel Zat

·       Pertemuan 2 : Mengenal Perubahan Wujud Zat

·       Pertemuan 3 : Mengenal Perubahan Fisika Dan Perubahan Kimia

Alat dan bahan

·        

Kegiatan berdiferensiasi

·       Peserta didik Visual          : Disajikan gambar pada setiap teks bacaan

·       Peserta didik Auditori       : Disajikan link video pembelajaran

·       Peserta didik Kinestetik    : Praktikum

 

 

C.    Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

·       Pertemuan 1 : Wujud Zat dan Model Partikel Zat

Pertanyaan Pemantik:

·       Bagaimana bentuk Air jika di tuang pada mangkok?

Kegiatan Pembuka  waktu 15”

-          Orientasi Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam

-          Guru mengucapkan rasa syukur

-          Guru dan siswa berdoa sebelum memulai pembelajaran

-          Guru mengecek kehadiran siswa dan menyiapkan psikis siswa dan lingkungan belajar

-          Guru dan siswa membuat kesepakatan bersama

-          Guru melakukan apersepsi materi yang telah di pelajari minggu lalu, dan menyampaikan materi prasyarat

-          Guru memberikan motivasi tentang manfaat dan tujuan pembelajaran

-          Guru memberi acuan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai

-          Menyampaikan garis besar cakupan materi

-          Menyampaikan  metode pembelajaran dan teknik pembelajaran dan penilaian yang akan digunakan

-          Guru memberikan preetes

Kegiatan Inti  waktu 55 “

Stimulation

v  Guru memutar video mencairnya Es Di kutub / membaca buku LKS halaman 39 untuk memberikan stimulus.

https://www.youtube.com/watch?v=cUvxb8hZ0cU 2022

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada Perubahan Zat

 

Problem Statemen

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan video / Bacaan yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,

v  Guru membuat kelompok kecil (4 s.d. 5 siswa) menurut kemampuan yang hetrogen serta berbagi peran/tugas untuk melakukan kegiatan penyelidikan dan diberikan LKS masing masing siswa

v  Guru membimbing siswa melakukan kegiatan eksperimen sesuai petunjuk LKS menggunakan Peralatan yang sudah dibawa

v  Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan pada LKS Zat dan Perubahannya pada LKS

 

Data Processing

v  Guru menyampaikan pada peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan

v  Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara

o   menyelesaikan pertanyaan pada LKS dengan berbagai sumber yang relevan

o   Hasil belajar yang diharapkan: tabel dan gambar model partikel zat

v  Guru memantau kegiatan siswa dalam menggali data

 

Verifikation

v  Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya bersama kelompoknya untuk dipresentasikan di depan

v  Guru memverifikasi / feedback hasil presentasi yang telah dilakukan tiap kelompok

v  Guru memimpin diskusi kelompok

 

Generalization

v  Guru memandu siswa untuk membuat kesimpulan

v  Siswa berdiskusi untuk menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan

v  Siswa menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan melalui presentasi di depan kelas

v  Guru memberi waktu untuk pertanyaan atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang menunjukkan kinerja dan kerjasama yang paling baik

v  Guru menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan

v  Guru memberi penguatan konsep (feedback).

Kegiatan Penutup waktu 10”

v  Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran

v  Guru dan siswa bersama-sama membuat refleksi untuk evaluasi tentang kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan

v  Guru membuat umpan balik terhadap proses pembelajaran yang baru dilakukan

v  Guru meminta siswa mengerjakan Assessment sumatif.

v  Guru melakukan penilaian dengan observasi

v  Guru memberi informasi materi pada pertemuan yang akan datang

v  Guru memberi penugasan rumah

v  Guru menutup Pembelajaran dengan salam

Assesmen

Diagnostik             : Angket pemahaman materi

Sikap                      : Observasi PPPP : Gotongroyong, mandiri, bernalar kritis

Pengetahuan          : Tes tertulis (Evaluasi Vormatif)

Performa                : Penilaian Kinerja Keterampilan dan Proses kegiatan diskusi

 

Pertemuan 2

·       Pertemuan 2 : Perubahan wujud zat

Pertanyaan Pemantik:

Air Hujan Dari mana?...

Kegiatan Pembuka Waktu 15”

Orientasi

v  Guru melakukan pembukaan dengan mengucapkan salam pembuka dan menanyakan kabar siswa

v  Guru mengucapkan syukur

v  Guru mengajak berdoa mengawali pembelajaran

v  Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

v  Kesepakatan Bersama

 

Apersepsi

v  Mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan materi dan Melalui tanya jawab membahas kembali materi sebelumnya

v  Mengaitkan materi/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi sebelumnya,

v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v  Guru memberikan gambaran tentang manfaat pembelajaran yang akan dipelajari.

v  Guru menyampaikan tujuan  pembelajaran perubahan wujud zat

v  Guru menyampaikan rencana penilaian  dan bobot penilaian yang dilakukan

 

 

 

Pemberian Acuan

v  Menyampaikan  kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

v  Menyampaikan garis besar cakupan materi

v  Menyampaikan  metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan

v  Guru memberikan preetes 2-3 pertanyaan secara lisan

v  Guru membagi hand out bahan ajar

 

Kegiatan Inti  waktu 55 “

Stimulation

v  Guru menampilkan video penguapan kapur barus/ pengharum ruangan untuk memberikan stimulus.

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik perubahan wujud zat

 

Problem Statemen

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan video yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,

v  Guru membuat kelompok kecil (4 s.d. 5 siswa) menurut kemampuan yang hetrogen serta berbagi peran/tugas untuk melakukan kegiatan penyelidikan dan diberikan LKPD masing masing siswa

v  Guru membimbing siswa melakukan kegiatan eksperimen sesuai petunjuk LKPD menggunakan Peralatan yang sudah ada

v  Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan pada LKPD yang tersedia

 

Data Processing

v  Guru menyampaikan pada peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan

v  Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara

o   menyelesaikan pertanyaan pada LKPD dengan berbagai sumber yang relevan

o   Hasil belajar yang diharapkan:

Berupa skema perubahan wujud zat

v  Guru memantau kegiatan siswa dalam menggali data

 

Verifikation

v  Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya bersama kelompoknya untuk dipresentasikan di depan

v  Guru memverifikasi / feedback hasil presentasi yang telah dilakukan tiap kelompok

v  Guru memimpin diskusi kelompok

 

Generalization

v  Guru memandu siswa untuk membuat kesimpulan

v  Siswa berdiskusi untuk menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan

v  Siswa menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan melalui presentasi di depan kelas

v  Guru memberi waktu untuk pertanyaan atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang menunjukkan kinerja dan kerjasama yang paling baik

v  Guru menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan

v  Guru memberi penguatan konsep (feedback).

Kegiatan Penutup waktu 10”

v  Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik bersama-sama membuat refleksi untuk evaluasi tentang kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan

v  Guru membuat umpan balik terhadap proses pembelajaran yang baru dilakukan

v  Guru meminta siswa mengerjakan Assessment sumatif.

v  Guru melakukan penilaian dengan observasi

v  Guru memberi informasi materi pada pertemuan yang akan datang perubahan fisika dan perubahan kimia

v  Guru memberi penugasan rumah

v  Guru menutup Pembelajaran dengan salam

 

Pertemuan 3

·       Pertemuan 3 : Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia

Pertanyaan Pemantik:

Apa bedanya lilin yang dibakar dengan kertas dibakar

Kegiatan Pembuka Waktu 15”

Orientasi

v  Guru melakukan pembukaan dengan mengucapkan salam pembuka dan menanyakan kabar siswa

v  Guru mengucapkan syukur

v  Guru mengajak berdoa mengawali pembelajaran

v  Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

v  Kesepakatan Bersama

 

Apersepsi

v  Mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan materi dan Melalui tanya jawab membahas kembali materi sebelumnya

v  Mengaitkan materi/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi sebelumnya,

v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v  Guru memberikan gambaran tentang manfaat pembelajaran yang akan dipelajari.

v  Guru menyampaikan tujuan  pembelajaran mengetahui perubahan fisika dan perubahan kimia

v  Guru menyampaikan rencana penilaian  dan bobot penilaian yang dilakukan

 

Pemberian Acuan

v  Menyampaikan  kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

v  Menyampaikan garis besar cakupan materi

v  Menyampaikan  metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan

v  Guru memberikan preetes 10 pertanyaan

v  Guru membagi hand out bahan ajar

 

Kegiatan Inti  waktu 55 “

Stimulation

v  Guru Memberi stimulan memperagakan kertas dibakar dan dipotong untuk memberikan stimulus.

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik perubahan fisika dan perubahan kimia

Problem Statemen

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan demonstrasi yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,

v  Guru membuat kelompok kecil (4 s.d. 5 siswa) menurut kemampuan yang hetrogen serta berbagi peran/tugas untuk melakukan kegiatan penyelidikan dan diberikan LKPD masing masing siswa

v  Guru membimbing siswa melakukan kegiatan diskusi sesuai petunjuk LKPD

v  Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan pada LKPD pada tebal yang tersedia

 

Data Processing

v  Guru menyampaikan pada peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan

v  Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara

o   menyelesaikan pertanyaan pada LKPD dengan berbagai sumber yang relevan

o   Hasil belajar yang diharapkan:

Dapat membedakan perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari

v  Guru memantau kegiatan siswa dalam menggali data

 

Verifikation

v  Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya bersama kelompoknya untuk dipresentasikan di depan kelas

v  Guru memverifikasi / feedback hasil presentasi yang telah dilakukan tiap kelompok

v  Guru memimpin diskusi kelompok

 

Generalization

v  Guru memandu siswa untuk membuat kesimpulan

v  Siswa berdiskusi untuk menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan

v  Siswa menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan melalui presentasi di depan kelas

v  Guru memberi waktu untuk pertanyaan atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

v  Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang menunjukkan kinerja dan kerjasama yang paling baik

v  Guru menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan

v  Guru memberi penguatan konsep (feedback).

Kegiatan Penutup waktu 10”

v  Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik bersama-sama membuat refleksi untuk evaluasi tentang kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan

v  Guru membuat umpan balik terhadap proses pembelajaran yang baru dilakukan

v  Guru meminta siswa mengerjakan Assessment sumatif.

v  Guru melakukan penilaian dengan observasi

v  Guru memberi informasi materi pada pertemuan yang akan datang suhu, kalor, dan pemuaian

v  Guru memberi penugasan rumah

v  Guru menutup Pembelajaran dengan salam

 

 

D.    Asesmen:

Jenis

Bentuk)*

)*

ü  Sikap (profil pelajar pancasila):

Observasi, penilaiandiri, penilaian teman sebaya, dll

ü  Performa:  observasi, jurnal

ü  Tertulis: essay, pilihan ganda, jawab singkat, benar-salah

1.      Asesmen Diagnostik (sebelum pembelajaran)

1. Asesmen Diagnostik

-          Kesiapan belajar siswa seperti kepemilikan gadget, kesediaan kuota internet, dsb.

-          Profil atau gaya belajar siswa (visual/auditori/kinestetik)

-          Tes diagnostik kognitif (tes objektif pengetahuan awal tentang Efek rumah kaca dan Dampak serta solusi perubahan iklim)

-          Tes diagnostik non-kognitif (minat terhadap konten)

2.      Asesmen Formatif (selama pembelajaran)

Asesmen Formatif

-          Kemampuan menemukan sumber informasi

-          Keterlibatan dalam diskusi

-          Kemampuan berpikir komputasi

-          Kemampuan berpikir kreatif

3.      Asesmen Sumatif (akhir pembelajaran)

 

E.     Pengayaan dan Remidi

a.      Remedial

v  Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar

v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.

ª  Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

v  Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:

Ø  pembelajaran ulang

Ø  bimbingan perorangan

Ø  belajar kelompok

Ø  pemanfaatan tutor sebaya

Ø  bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.

 

b.      Pengayaan

v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.

v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.

v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya

ª  Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah  disiapkan  oleh  guru  berupa  pertanyaan-pertanyaan  pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan

v  Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugasmengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber..

 

 F.     Refleksi Peserta Didik dan Guru

 

 

 

 

 

 

 

 

G.    LAMPIRAN

1.        LKS

2.        Asesmen

3.        Bahan Ajar Guru dan Peserta Didik

4.        Glosarium

5.        Daftar Pustaka

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

Titik Widajati, S.Pd., M.Pd.

NIP. 19680619 199103 2 010

 

Purbalingga, 16 Juli 2022

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Eka Setya Budi Nugroho



No comments:

Post a Comment

KRITERIA KETUNTASAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP) SMP Negeri 2 Purbalingga

KKTP KRITERIA KETUNTASAN TUJUAN PEMBELAJARAN KKTP merupakan