MODUL AJAR MATEMATIKA
BILANGAN BULAT Kel
Nama Penyusun |
Yulianti, S.Pd.Mat |
Institusi |
SMP N 1 Kaligondang |
Jenjang |
SMP |
Tahun |
2022 |
Fase/Kelas |
D/7 |
Domain/Topik |
Menyebutkan Bilangan Bulat |
Kata Kunci |
Bilangan bulat • Bilangan pecahan • Desimal • Membandingkan
bilangan • Operasi hitung |
Pengetahuan/ Keterampilan Prasyarat |
Urutan Bilangan dan Garis bilangan |
Alokasi waktu |
80 MENIT |
Jumlah Pertemuan |
2 JP |
Moda |
Tatap Muka |
Model Pembelajaran |
PBL ( Problem Base Learning). |
Karekteristik Peserta Didik |
Regular/Tipikal |
Jumlah Peserta Didik |
32 orang |
Sarana Prasarana |
Ruang kelas, laptop dan proyektor dan printer. |
||
Kopetensi Awal |
Peserta
didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran,
melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan
operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. |
||
Daftar Pustaka |
Kemendikbud. 2021, Matematika Kelas VII
SMP/MTS: Buku Siswa Semester 1, Jakarta: Puskurbuk. Nuharini D., dan Wahyuni T., 2009, Matematika
konsep dan aplikasinya: Buku untuk kelas VII SMP dan MTS, Jakarta:
Pusat Perbukuan |
||
Profil Pelajar Pancasila |
Kreatif Bernalar Kritis Gotong royong |
![]() |
Gambaran
Umum Modul (rasionalisasi, urutan materi pembelajaran, rencana asesmen):
Rasionalisasi |
Guru
memberikan stimulus kepada siswa dengan menanyakan beberapa kegunaan bilangan
bulat dalm kehidupan sehari. Kemudian Siswa diberikan informasi mengenai LK
yang harus dikerjakan secara berkelompok, siswa di beriwaktu untuk berdiskusi
dan mempresentasikan hasil diskusinya dan mengumpulkan hasik diskusi dalam
bentuk LK nya kepda guru. Diakhir kegiatan siswa diberikan soal kuis untuk
asesmen individunya. |
Urutan
Materi Pembelajaran |
Pengertian
bilangan bulat Menyebutkan
dan menuliskan bilangan bulat positif Menyebutkan dan menuliskan bilangan bulat negatif |
Rencana
Asesmen |
·
Bagaimana guru menilai ketercapaian Tujuan
Pembelajaran? Asesmen individu dilakukan dalam latihan soal kuis,
sedangkan asesmen kelompok dilakukan dari hasil diskusi kelompok. ·
Jenis
Asesmen Asesmen
dilakukan dalam perfoma ketika presentasi hasil diskusi kelompok dan hasil
portofolio dari lembar kerja siswa. |
Tujuan
Pembelajaran |
Dengan
menggunkan model pembelajaran PBL siswa diharapkan dapat ·
Menyebutkan ,
menuliskan bilangan bulat positif dan
bilangan bulat negative |
Pemahaman
Bermakna |
Dalam
sebuah ruangan dipasang sebuah termometer suhu. Pada
pengukuran suhu menggunakan termometer, untuk menyatakan suhu dibawah 00C
digunakan tanda negatif (-). Air mendidih pada suhu 1000C dan
membeku pada suhu 00C. Jika air berubah menjadi es, maka suhunya
kurang dari 00C. |
Pertanyaan
Pemantik |
Suhu kota Bandung 210C, sementara pada jam
yang sama kota Jakarta suhunya lebih tinggi 100C dari kota
Bandung. Berapakah suhu di kota tokyo jika lebih rendah 350C dari
kota Jakarta. |
Urutan Kegiatan Pembelajaran |
|
A.
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Siswa
melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin
do’a) 2.
Guru
mengecek kehadiran siswa dan meminta siswa untuk mempersiapkan perlengkapan
dan peralatan yang diperlukan 3.
Siswa
menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi
yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya. 4.
Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang
lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang
akan dilaksanakan 5.
Guru bertanya mencari informasi tentang penerapan
bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari dan siswa menjawab dengan prediksi
masing-masing. Guru mengaitkan bilangan
bulat yang diajarkan dengan kehidupan nyata. |
B.
Kegiatan Inti |
Langkah 1. Klarifikasi Masalah 1.
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri 5-6 orang 2.
Siswa
dalam memperhatikan dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang terkait
dengan permasalahan yang melibatkan bilangan bulat serta penyajian garis
bilangan pada bidang secara umum 3.
Siswa
dalam kelompok mengamati tayangan audiovisual misalkan tentang
masalah-masalah bilangan bulat serta penyajian garis bilangan 4.
Guru
membagikan LK dan siswa membaca petunjuk, mengamati LK (LK berisi tentang
permasalahan yang berhubungan dengan bilangan bulat serta penyajian garis
bilangan 5.
Guru
memotivasi siswa dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan
hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK serta guru
mempersilahkan siswa dalam kelompok lain untuk memberikan tanggapan, bila
diperlukan guru memberikan bantuan komentar secara klasikal Langkah
2. Brainstorming 6.
Siswa
melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada
dalam LK (misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan langkah-langkah
pemecahan serta meminta siswa dalam kelompok untuk bekerja sama untuk
menyelesaikan masalah berkaitan dengan bilangan bulat serta penyajian garis
bilangan) 7.
Siswa
dalam kelompok melakukan brainstorming dengan cara sharing information, dan
klarifikasi informasi tentang permasalahan yang terdapat tayangan video
tentang “bilangan bulat” Langkah 3. Pengumpulan Informasi dan Data 8.
Siswa
masing-masing kelompok dalam kelompok juga membahas dan berdiskusi tentang
permasalahan berdasarkan petunjuk LK untuk: a.
Mengidentifikasi
bilangan bulat b.
Menjelaskan
bilangan bulat. 9.
Siswa melakukan eksplorasi seperti dalam poin 8, dimana
mereka juga diharapkan mengaitkan dengan kehidupan nyata 10.Guru
berkeliling mencermati siswa dalam kelompok dan menemukan berbagai kesulitan
yang di alami siswa dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal
yang belum dipahami 11.
Guru memberikan bantuan kepada siswa dalam kelompok
untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh siswa 12.
Guru mengarahkan siswa dalam kelompok untuk
menyelesaikan permasahan dengan cermat dan teliti Langkah 4. Berbagi
Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah 13.
Guru meminta siswa untuk mendiskusikan cara yang
digunakan untuk menemukan semua kemungkinan pemecahan masalah terkait masalah
yang diberikan 14.
Siswa dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan
guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang bilangan
bulat serta penyajian garis bilangan 15.
Siswa dalam kelompok menyusun laporan hasil diskusi
penyelesaian masalah yang diberikan terkait bilangan bulat serta penyajian
garis bilangan Langkah 5. Presentasi Hasil Penyelesaian
Masalah 16.
Beberapa
perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai
dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan permasahan kehidupan
sehari-hari berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan 17.
Siswa
yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi,
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya. Langkah 6. Refleksi 18.
Siswa
melakukan refleksi, resume dan membuat kesimpulan secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari terkait
bilangan bulat serta penyajian garis bilangan. 19.
Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua siswa |
C.
Kegiatan Penutup |
1.
Guru
memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan
masalah matematika yang berkaitan dengan bilangan bulat serta penyajian garis
bilangan 2.
Melaksanakan
postes terkait bilangan bulat serta penyajian garis bilangan 3.
Siswa mendengarkan arahan guru untuk materi pada
pertemuan berikutnya 4.
Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari,
guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah
dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet. 5.
Guru
memberikan tugas |
Refleksi
Guru |
· Apakah didalam
kegiatan pembukaan siswa sudah dapat diarahkan dan siap untuk mengikuti pelajaran
dengan baik? · Apakah dalam
memberikan penjelasan teknis atau intruksi yang disampaikan dapat dipahami
oleh siswa? · Bagaimana respon
siswa terhadap sarana dan prasarana (media pembelajaran) serta alat dan bahan
yang digunakan dalam pembelajaran mempermudah dalam memahami konsep bilangan? · Bagaimana
tanggapan siswa terhadap materi atau bahan ajar yang disampaikan sesuai
dengan yang diharapkan? · Bagaimana tanggapan siswa terhadap pengelolaan kelas dalam pembelajaran? · Bagaimana
tanggapan siswa terhadap latihan dan penilaian yang telah dilakukan? · Apakah dalam
kegiatan pembelajaran telah sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan? · Apakah dalam
berjalannya proses pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan? · Apakah 100% siswa
telah mencapai penguasaan sesuai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai? · Apakah arahan dan penguatan materi yang telah dipelajari dapat dipahami
oleh siswa? |
Refleksi
untuk Peserta Didik |
· Pada bagian mana dari materi “Bilangan bulat” yang dirasa kurang
dipahami? · Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajar pada materi
ini? · Kepada siapa kamu meminta bantuan untuk lebih memahami materi ini? · Berapa nilai yang akan kamu berikan terhadap usaha yang kamu lakukan
untuk memperbaiki hasil belajarmu? (jika nilai yang diberikan dalam pemberian
bintang 1- bintang 5) |
Mengetahui Kaligondang,
Juli 2022
Kepala SMP Negeri 1 Kaligondang Guru
Mata Pelajaran
Sri Sulastri,
S.Pd. Yulianti,
S.Pd.Mat
NIP. 19780413 200312 2 005 NIP 19850906
202221 2 027
RENCANA PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(Pertemuan Ke 1)
1.
Waktu Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama KBM berlangsung
2.
Teknik Penilaian
Observasi
3.
Komponen yang dinilai
Pada pertemuan ini
butir yang dinilai adalah ketakwaan dengan catatan
perilaku :
-
Berdoa sebelum dan
sesudah melakukan kegiatan
-
Memberi salam pada
saat awal dan akhir kegiatan
-
Bersyukur ketika
berhasil mengerjakan sesuatu
4.
Format daftar nilai:
No |
Waktu |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
Ttd |
Tindak Lanjut |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
... |
Mengetahui: Kepala SMP Negeri 1 Kaligondang Sri Sulastri, S.Pd. NIP. 19780413 200312 2 005 |
Kaligondang, Juli 2022 Guru Mapel Matematika Yulianti,
S.Pd.Mat NIP. 19850906 202221 2 027 |
RENCANA PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(Pertemuan Ke 1)
1. Waktu Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama KBM berlangsung
2. Teknik Penilaian
Observasi
3. Butir yang dinilai
Pada pertemuan ini
butir yang dinilai adalah:
-
Jujur
-
Tanggung jawab
-
Percaya diri
4. Format daftar nilai
NO |
NAMA |
NIS |
L/P |
BUTIR SIKAP SOSIAL |
||
Jujur |
Tanggung jawab |
Percaya diri |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Norma penilaian
+ : peserta
didik sudah melaksanakan butir yang dinilai
- : peserta
didik belum melaksanakan butir yang dinilai
Mengetahui: Kepala SMP Negeri 1 Kaligondang Sri Sulastri, S.Pd. NIP. 19780413 200312 2 005 |
Kaligondang, Juli 2022 Guru Mapel Matematika Yulianti,
S.Pd.Mat NIP. 19850906 202221 2 027 |
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
MATERI POKOK: BILANGAN BULAT
Nama Kelompok
Anggota
Kelompok 1. ........................................
2. ........................................
3. ........................................
4. ........................................
5. ........................................
A. Petunjuk Umum
1.
Perhatikan
penjelasan dari guru
2.
Amati lembar kerja ini dengan seksama
3.
Baca dan diskusikan dengan teman kelompokmu dan tanyakan
kepada guru jika ada hal yang kurang dipahami.
4.
Setiap kelompok akan mendapatkan alat dan bahan dalam
mengerjakan LK ini.
5.
Gunakan
alat dan bahan tersebut untuk memahami bilangan bulat.
B. Tugas/
Langkah-langkah Kegiatan
1.
Persiapkan
alat dan bahan yang akan digunakan yaitu karton, penggaris, spidol dan dadu.
2.
Buatlah
kotak seperti gambar berikut pada sebuah karton.
3.
Letakkan dadu diatas titik berwarna orange, lalu kalian
tuliskan angka nol.
4.
Geserkanlah dadu diatas kesebelah kanan, satu langkah
tulis +1. Tanda + bisa tidak di tuliskan.
5.
Kembali
dadu ke lingkaran orange atau angka nol.
6.
Geserkan dadu kesebelah kiri, satu langkah tulis -1.
7.
Dari pergeseran dadu ke kiri dan kekanan didapat angka 1
yang berbeda atau lawannya. Ke kanan +1 dan ke kiri -1.
8.
Coba kalian ulangi pergesaran dadu seperti cara nomor 3,
4, 5 dan 6 apabila kekanan atau kekiri dadunya.
9.
Tuliskan hasil pergeseran dadu tadi kedalam karton yang
kalian buat sesuai banyaknya langkah dalam bentuk bilangan.
10.
Gabungkan
bilangan-bilangan yang diperoleh berdasarkan urutan dari gambar yang diperoleh
di karton yang kalian buat. { ...., ...., ...., ...., ...., ...., ...., ....,
.... ,...., ....}
11.
Berdasarkan
kegiatan diatas, maka diperoleh tiga macam bilangan yang terdiri dari:
a.
....
b.
....
c.
....
C. Latihan
1.
Budi
berdiri di atas lantai berpetak, dia berdiri disatu titik dan dinamakan titik
0. Garis pada petak didepan Budi diberi angka 1, 2, 3, ..., dan garis yang
berada di belakang Budi diberi angka -1, -2, -3, .... Budi melangkah maju
sebanyak 4 langkah, kemudian ia mundur sebanyak 7 langkah, kemudian maju 2
langkah dan mundur 4 langkah. Sekarang budi berada di angka berapa, pada garis
lantai berpetak.
2.
Diketahui suhu didalam ruangan laboratorium 180C.
Karena akan digunakan untuk sebuah penelitian, maka suhu diturunkan menjadi 250C.
Setelah
2 jam suhu ruangan laboratorium harus dinaikkan lagi 130C. berapakah
suhu ruangan laboratorium sekarang?
LAMPIRAN ASESMEN
LEMBAR OBSERVASI KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nama Siswa : ……………………………………………………………………
Kelas : ……………………………………………………………………
Pertemuan Ke- : ……………………………………………………………………
Hari/Tanggal Pelaksanaan : ……………………………………………………………………
Berilah penilaian terhadap aspek pengamatan yang diamati
dengan membubuhkan tanda ceklis (√) pada berbagai nilai sesuai indikator.
NO |
ASPEK YANG
DIAMATI |
SKOR PENILAIAN |
|||
KURANG |
CUKUP |
BAIK |
SANGAT BAIK |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Pendahuluan |
|
|
|
|
|
Melakukan do’a sebelum belajar |
|
|
|
|
|
Mencermati penjelasan guru berkaitan dengan
materi yang akan dibahas |
|
|
|
|
2 |
Kegiatan Inti |
|
|
|
|
|
Keaktifan siswa dalam pembelajaran |
|
|
|
|
|
Kerjasama dalam diskusi kelompok |
|
|
|
|
|
Mengajukan pertanyaan |
|
|
|
|
|
Menyampaikan pendapat |
|
|
|
|
|
Menghargai pendapat orang lain |
|
|
|
|
|
Menggunakan alat peraga pembelajaran |
|
|
|
|
3 |
Penutup |
|
|
|
|
|
Menyampaikan refleksi pembelajaran |
|
|
|
|
|
Mengerjakan latihan soal secara mandiri |
|
|
|
|
|
Memperhatikan arahan guru berkaitan materi selanjutnya |
|
|
|
|
Keterangan Penskoran:
Skor 1 = Kurang
Skor 2 = Cukup
Skor
3 = Baik
Skor
4 = Sangat Baik
Nilai = Nilai yang di peroleh/44 x 100 %
Mengetahui Kaligondang,
Juli 2022
Kepala SMP Negeri 1 Kaligondang Guru
Mata Pelajaran
Sri Sulastri,
S.Pd. Yulianti,
S.Pd
NIP. 19780413 200312 2 005 NIP 19850906
202221 2 027
Bagian III. Pengayaan dan
Remedial (Diferensiasi)
Pengayaan |
Menyebutkan
secara lesan urutan bilangan bulat |
Remedial |
Mengulang mengerjakan Lembar kerja secara mandiri |
Mengetahui Kaligondang,
Juli 2022
Kepala SMP Negeri 1 Kaligondang Guru
Mata Pelajaran
Sri Sulastri,
S.Pd. Yulianti,
S.Pd
NIP. 19780413 200312 2 005 NIP
19850906 202221 2 027
No comments:
Post a Comment