Jika - 10 ≤ x + y ≤ 10 dan - 5 ≤ x ≤ 5, maka ...
A. 0 ≤ xy ≤ 25
B. - 10 ≤ x – y ≤ 0
C. 0 < - x + y ≤ 25
D. - 25 ≤ xy ≤ 25
E. - 1 ≤ x/y ≤ 1
Pembahasan
Jawaban: d
Karena -10 ≤ x + y ≤ 10 dan -5 ≤ x ≤ 5, maka -5 ≤ y ≤ 5.
Memenangkan, -25 ≤ xy ≤ 25.
Di dalam satu ujian, masing - masing siswa diberikan skor 5, 10, atau 15. Banyaknya siswa untuk masing - masing skor ditunjukkan dibawah berikut:
Skor 5 : 8 siswa
Skor 10 : 12 siswa
Skor 15 : x siswa
Jika median skornya adalah 10, maka terbesar yang mungkin untuk x adalah ...
A. 8
B. 9
C. 19
D. 20
E. 23
Pembahasan
Jawaban: d
Nilai x terbesar yang mungkin adalah:
x = 8 + 12 = 20.
Rumah Durga berjarak 1,5 km dari sekolahnya. Jika kecepatan ia berjalan rata - rata 4,5 km/jam. Berapa jam yang diperlukan untuk berjalan pulang - pergi selama 6 hari?
A. 4 jam
B. 24 jam
C. 6 jam
D. 1/3 jam
E. 4,5 jam
Pembahasan
Jawaban: a
Waktu yang diperlukan untuk satu kali berangkat = 1,5 / 4,5 jam = 1/3 jam. Jadi waktu yang diperlukan untuk dijalankan
pulang-pergi selama 6 hari adalah:
= 6 × 2 × 1/3 jam = 4 jam.
Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 160 km/jam. Berapakah jauh perpindahan mobil dalam 15 menit?
A. 30 km
B. 22 km
C. 40 km
D. 21 km
E. 55 km
Pembahasan
Jawaban: c
Perpindahan mobil
= 1600 km / jam × (15 menit: 60)
= 40 km.
Seorang penjual mengantar pesanan sebanyak 9 mangkuk sayur ke sebuah toko. Si penjual hanya bisa membawa 2 mangkuk setiap kali pengiriman. Berapa kali si penjual harus mengantarkan seluruh pesanannya?
A. 3 kali
B. 4 kali
C. 5 kali
D. 6 kali
E. 7 kali
Pembahasan
Jawaban: c
Jumlah pesanan = 9 kapal.
Satu kali perjalanan 2 kapal
Untuk mengantarkan seluruh pesanan,
Dibutuhkan = 9: 2 = 4,5 kali → dibulatkan
menjadi 5 kali.
Seekor monyet mula - mula berada di ketinggian tertentu pada sebuah tiang, kemudian ia turun 4 meter, naik 3 meter, turun 6 meter, naik 2 meter, naik 9 meter, dan turun 2 meter. Pada ketinggian berapakah monyet itu berada?
A. Sama seperti posisi semula
B. 2 meter di atas posisi semula
C. 1 meter di bawah posisi semula
D. 1 meter di atas posi
E. 2 meter di bawah posisi semula
Pembahasan
Jawaban: b
-4 + 3 –6 + 2 + 9 –2 = 2
Semua penyelam adalah perenang.
Sementara penyelam adalah pelaut.
A. Sementara pelaut adalah perenang
B. Sementara perenang bukan penyelam
C. Semua pelaut adalah perenang
D. Sementara penyelam bukan pelaut
E. Sementara penyelam bukan perenang
Pembahasan
Jawaban: A. Sementara pelaut adalah perenang
Lingkaran dari kalimat “Sekarang hujan atau tidak hujan” adalah ...
A. Besok hujan atau tidak hujan
B. Besok hujan deras
C. Sekarang cerah
D. Besok dan sekarang tidak hujan
E. Sekarang hujan dan tidak hujan
Pembahasan
Jawaban: e
Sekarang hujan dan tidak hujan
Jika kamu lulus, maka kamu dapat hadiah.
Dengan demikian ...
A. Jika kamu tidak lulus, maka kamu tidak dapat hadiah
B. Kamu tidak lulus, jika kamu tidak dapat hadiah
C. Kamu lulus dan dapat hadiah
D. Lulus atau tidak, tetap dapat hadiah
E. Kamu tidak lulus dan dapat hadiah
Pembahasan
Jawaban: b
Kamu tidak lulus, jika kamu tidak dapat hadiah
Seperti kuda lepas dari pingitan.
Makna peribahasa di atas adalah ...
A. Sangat senang
B. Sangat girang karena baru saja bebas, lalu berbuat yang bukan - bukan melewati batas
C. Mendapat keuntungan besar
D. Orang tidak waras yang berbuat sesuka hati
E. Menjadi asing karena tidak paham tentang lingkungan sekitar
Pembahasan
Jawaban: b
Kuda yang lepas dari pingitan akan berbuat sekehendaknya, lari ke sana kemari dan mungkin akan pergi jauh meninggalkan kandangnya. Biasanya tidak mudah menangkapnya kembali. Peribahasa di atas dikiaskan kepada sesorang yang hidupnya terkekang lalu tiba-tiba peroleh kebebasan, akan berbuat hal -hal yang sering melewati batas. Misalnya, seorang wanita yang di rumahnya di desa sangat terkekang, ketika pindah hidup di kota dan jauh dari orangtuanya, akan menjadi seorang yang sangat bebas hidupnya dalam pergaulan hingga lupa akan batas-batas yang tidak boleh dilanggarnya. Kalau tidak segera ia memperbaiki kelakuannya, tentu ia akan menderita akibatnya.“Sanat girang karena baru saja bebas, lalu berbuat yang bukan-bukan melewati batas”.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
KRITERIA KETUNTASAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP) SMP Negeri 2 Purbalingga
KKTP KRITERIA KETUNTASAN TUJUAN PEMBELAJARAN KKTP merupakan
-
Assalamu'alaikum wr wb Selamat pabi Ibu dan Bapak Guru Di Awal pergantian kurikulum ini tentunya ibu dan bapak guru juga sedang sibuk m...
-
Alur & Tujuan pembelajaran IPA SMP (Fase D) Download CP, ATP, MA PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SEMUA Mata Pelajaran Klik Link ini T...
-
Soal Latihan UNBK/UNKP Bahasa Indonesia Tentang Surat Lamaran Pekerjaan Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020. Tidak terasa sebentar lagi kita...
No comments:
Post a Comment