Monday, August 14, 2017

Bagaimana Menentukan Posisi Titik Terhadap Titik Acuan Tertentu Pada Koordinat Cartesius

Assalamulaikum wr wb....
Kali ini bahasan kita untuk matematika kelas 8 adalah mengenai koordianat cartesius. Di SD sahabat pasti sudah pernah dapat materi koordianat cartesius kalau ndak kelas 5 ya kelas 6. Sebelum mulai, coba simak pertanyaan berikut (atau kalo kalian udah jago sih boleh aja bukan Cuma disimak tapi langsung dikerjakan OK)
Jika titik A memiliki koordinat (4,5) maka berapakah koordinat titik tersebut dari titik acuan (1,2)?
Sebetulnya cara menentukan posisi titik terhadap titik acuan tertentu hampir sama aja dengan cara menentukan posisi titik terhadap titik acuan (0,0) yang sudah kita pelajari sebelumnya. Cuma bedanya, kalau pada titik acuan (0,0) itu sumbu-y dan sumbu-x nya berpotongan di koordinat (0,0). Nah, kalo pada titik acuan tertentu, kita membuat lagi sumbu-y dan sumbu-x yang baru yang berpotongan di titik acuan tersebut. Lebih jelasnya, kita sama-sama lihat gambar di bawah ini :

Misalnya titik acuan yang diminta adalah (1,2) maka kita perlu membuat sumbu-x dan sumbu-y yang baru yang berpotongan tepat di titik acuan (1,2) tersebut. Seperti pada gambar diatas, saya membuat sumbu-x dan sumbu-y yang baru yang berpotongan dengan titik acuan (1,2). Biar beda, sumbu-x dan sumbu-y barunya saya beri warna kuning ya…sampe sini gak bingungkan
Kalau ada soal lain yang meminta titik acuannya (10,100) maka kita harus membuat sumbu-x dan sumbu-y yang berpotongan tepat di titik (10,100).. Gitu aja sih, pokoknya sumbu-sumbu barunya dibuat disesuaikan dengan titik acuan yang diminta.
Nah, kalo kita udah bisa bikin sumbu-x dan sumbu-y baru, kita udah bisa deh nyelesaikan soal diatas tadi.. Biar kalian ga usah cape scroll up, soalnya tak tulis ulang yah..  :)
Jika titik A memiliki koordinat (4,5) maka berapakah koordinat titik tersebut dari titik acuan (1,2)?
Cara menjawabnya mudah sekali sahabat, simak gambar dan penjelasan berikut..

(gambar kiri) Pertama, kita gambarkan dulu koordinat kartesiusnya, lengkap pake titik A dan titik acuan yang diminta.
(gambar tengah) Kedua, kita perlu menggambar sumbu-x dan sumbu-y baru yang tepat berpotongan pada titik acuan yang diminta (sumbunya tak kasih warna kuning).
(gambar ketiga) Langkah terakhir, kita tinggal menghitung posisi koordinat titik A dari sumbu-x dan sumbu-y yang baru.. Lihat, titik A berada pada koordinat (3,3) dari sumbu-sumbu yang baru kan?
Beres, dari situ kita bisa ambil kesimpulan bahwa koordinat titik A terhadap titik acuan (2,1) adalah (3,3)..
Begitu sja.... paham kan ya?semoga sahabat paham dech....
Coba, untuk menambah pemahaman sahabat, saya kasih soal mudah dikit
1. Jika titik A memiliki koordinat (2,3) pada titik acuan (0,0)
maka berapakah koordinat titik A  dari titik acuan (1,1)?
2. Jika titik B memiliki koordinat (-2,4) pada titik acuan (0,0), maka berapakah koordinat titik B  dari titik acuan (1,2)?
3. Jika titik C memiliki koordinat (10,10) pada titik acuan (0,0)maka berapakah koordinat titik C  dari titik acuan (9,9)?
Demikian untuk materi hari ini, soalnya bisa di jawab dicomment ya...
semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

KRITERIA KETUNTASAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP) SMP Negeri 2 Purbalingga

KKTP KRITERIA KETUNTASAN TUJUAN PEMBELAJARAN KKTP merupakan