RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP N 2 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII /Dua
MateriPokok : Garis dan Sudut
AlokasiWaktu : 3x 40 Menit ( 120 Jam
Pelajaran)
A.
KompetensiInti
KI-1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI-2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
KI-3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI-4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang pandang/ teori
|
B. KompetensiDasardanIndikatorPencapaianKompetensi
KompetensiDasar
|
Indikator
|
3.10 Menganalisis
hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh
garis transversal
|
3.10.1
Mengidentifikasi hubungan titik garis dan bidang
3.10.2
Mengidentifiksai kedudukan dua garis (sejajar,
berimpit, berpotongan dan bersilangan)
|
4.10. Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis
sejajar yang dipotong oleh garis transversal
|
4.10.1
Menyelsaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
kedudukan dua garis secara runtut.
|
C. TujuanPembelajaran
Pengetahuan yang akan dikembangkan:
Melalui
kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery learning dan pendekatan saintifik. Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Mengidentifikasi
hubungan titik garis dan bidang
Ø Mengidentifiksai
kedudukan dua garis (sejajar, berimpit, berpotongan dan bersilangan)
Ø Menyelsaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan dua garis.
Sikapyang akandikembangkan:
Ø Religius
Ø Kerja sama
Ø Percaya
diri
D. MateriPembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
1. Fakta
Ø Rel kereta api bagian kanan dan kiri menunjukan garis sejajar
Ø Burung yang bertengger di atas kabel menunjukan kedudukan titik terhadap
garis
Ø Posisi Bola terhadap gawang menunjukan kedudukan titik terhadap bidang
Ø Orang yang berdiri didepan pintu menunjukan kedudukan garis terhadap
bidang
2. Konsep
Ø Titik hanya dapat ditentukan oleh letaknya,
tidak berukuran (tidak berdimensi). Titik
digambarkan dengan tanda noktah dan dibubuhi nama, biasanya dengan huruf
kapital.
Ø Pengertian garis , Sebuah garis
(dimaksudkan adalah garis lurus) dapat diperpanjang sekehendak kita. Garis
hanya mempunyai ukuran panjang , tetapi tidak mempunyai ukuran lebar
Ø Bidang (Bidang datar)
memiliki ukuran panjang dan lebar. Wakil bidang
berbentuk persegi, persegi panjang, atau jajar genjang, diberi namaα, β, µ atau H, U, V, W, atau dengan
menyebutkan titik-titik sudut bidang tersebut.
Ø Garis m dikatakan sejajar dengan
garis k, jika kedua garis terletak
pada satu bidang datar dan kedua garis tidak akan berpotongan.
Ø Garis m dan garis k dikatakan
berimpit, jika garis m terletak pada
garis k (atau sebaliknya), sehingga
kelihatan hanya satu garis saja.
3. Prinsip
Ø Hubungan
titik dan garis
1.
Titik pada garis
2.
Titik di luar garis
Ø Hubungan
antara titik dan bidang
1.
Titik di dalam bidang
2.
Titik di luar bidang
Ø Hubungan
antara garis dan bidang
1.
Garis terletak pada bidang
2.
Garis tidak pada bidang
3.
Garis menembus/ memotong bidang
Ø Titik-titik
segaris
Ø Titik titik
sebidang
1.
Garis yang melalui titik
A dan B disebut garis AB, dinotasikan. Tanda panah pada kedua ujung artinya dapat diperpanjang sampai tak terbatas.
2.
Ruas garis (segmen)
AB, disimbolkan, dengan titik A dan B merupakan titik ujung ruas
garis AB.merupakan bagian dari .
3.
Sinar garis AB,
disimbolkan, memiliki titik pangkal A, tetapi tidak memiliki
titik ujung. Sinar garis.merupakan bagian dari garis .
Kedudukan Dua Garis
Kedudukan dua garis baik dua garis sejajar, dua garis saling berpotongan, dua garis saling berhimpit
pada bidang. Materi ini akan bermanfaat dalam mempelajari materi segi empat dan segitiga pada bab selanjutnya.
Kedudukan dua garis baik dua garis sejajar, dua garis saling berpotongan, dua garis saling berhimpit
pada bidang. Materi ini akan bermanfaat dalam mempelajari materi segi empat dan segitiga pada bab selanjutnya.
1. Garis a dan b merupakan dua garis yang tidak
sejajar dan berpotongan.
2. Garis c dan d merupakan dua garis yang tidak
sejajar dan berpotongan
3. Garis e dan f merupakan dua garis yang sejajar
4. Garis g dan h merupakan dua garis yang sejajar
5. Garis i dan j merupakan dua garis yang
berhimpit
6. Garis k dan l merupakan dua garis yang
berhimpit
7. Garis m dan n merupakan dua garis yang berpotongan
Garis m dan n merupakan dua garis yang berpotongan
8. Garis o dan p merupakan dua garis yang berpotongan
9. Garis q dan r merupakan dua garis yang berpotongan
tegak lurus
4. Prosedur
Ø Mengamati kedudukan titik, garis dan bidang
Ø Menggunakan
sifat-sifat Kedudukan garis untuk menyelesaikan soal
E. Pendekatan,Model, danMetodePembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Discovery Learning
Metode : Diskusi kelompok, Tanya jawab,
penugasan
F. Media, Alat, danSumberPembelajaran
1.
Media Pembelajaran : Power Point, LKPD
2.
AlatPembelajaran : Laptop, LCD projector
3.
Sumber belajar : Buku Pegangan Siswa, Buku
Pegangan Guru, Internet dan lingkungan
G. Langkah Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40menit )
|
Waktu
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran
dengan mengecek kerapihan pakaian dan mengecek kebersihan di sekitarnya
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas yaitu tentang Garis dan Sudut
Apersepsi
v Mengingatkan kembali materi prasyarat titik, garis dan bidang
Motivasi
v Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu setelah pembelajaran,
peserta didik diharapkan dapat memahami Titik,
Garis dan Bidang dan Kedudukan garis.
v Menyampaikan manfaat yaitu dengan mempelajari materi Titik,
Garis dan Bidang dan Kedudukan garis .
v Guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan yaitu model pembelajaran
menggunakan model Discovery Learning,
dimana siswa akan menyelesaikan masalah yang diberikan dengan diskusi
kelompok, kemudian mempresentasikannya. Selain itu, guru juga menjelaskan teknik
penilaian yang akan dilakukan.
|
10
menit
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
100
menit
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap Peserta
didik dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, dan peduli lingkungan
|
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup
v
Guru dan peserta didik bersama-sama merefleksi kegiatan pembelajaran
yang telah dilaksanakan, antara lain dengan bertanya
-
Bagaimana pembelajaran hari ini?
-
Apakah sudah paham dengan materi hari
ini?
v
Guru dan peserta didik bersama-sama menekankan kembali kesimpulan dari
pembelajaran hari ini yaitu Titik, Garis dan Bidang dan Kedudukan garis
v
Guru memberi informasi terkait dengan materi pembelajaran pada
pertemuan selanjutnya, yaitu :
Ruas garis dan sudut
·
Guru menutup pembelajaran dan memberikan salam penutup
|
10
menit
|
H.Penilaian
1. Penilaian :Sikap,
Pengetahuan,
danKetrampilan
Aspek
|
Indikatorrr
|
Teknik
|
Instrumen
|
Sikap
|
ButirSikap:
-
Religius
-
Jujur
-
Kerja sama
-
Percaya Diri
|
Observasi
|
Lampiran3.1
|
Pengetahuan
|
·
Memahami hubungan antara titik, garis dan bidang
·
Menggunakan konsep titik, garis dan bidang untuk menyelesaikan soal
|
Tes tertulis
|
Lampiran 3.2
|
Ketrampilan
|
·
Menunjukan titik didalam garis dan bidang
·
Menunjukkan titik titik segaris dan sebidang
|
observasi
|
Lampiran 3.3
|
I.
Tindak Lanjut hasil Penilaian
1. Materi Pembelajaran Remedial
Ø Bagi
siswa yang sudah mencapai indikator pembelajaran, dapat melanjutkan kebagian
Pengayaan. Pada kegiatan remidial guru ditantang untuk memberikan pemahaman
kepada siswa yang belum mencapai kompetensi dasar. Berikut ini alternatif cara
untuk memberikan remidi:
1. Meminta
siswa untuk mempelajari kembali bagian yang belum tuntas.
2. Meminta
siswa untuk membuat rangkuman materi yang belum tuntas.
3. Meminta
siswa untuk bertanya kepada teman yang sudah tuntas tentang materiyang belum
tuntas.
4. Memberikan
lembar kerja untuk dikerjakan oleh siswa yang belum tuntas.
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Ø Pengayaan biasanya diberikan segera setelah siswa
diketahui telah mencapai KBM/KKM berdasarkan hasil PH. Mereka yang telah
mencapai KBM/ KKM berdasarkan hasil PTS dan PAS umumnya tidak diberi pengayaan.
Pembelajaran pengayaan biasanya hanya diberikan sekali, tidak berulangkali
sebagaimana pembelajaran remedial. Pembelajaran pengayaan umumnya tidak
diakhiri dengan penilaian.
I. Lampiran-lampiran:
a) Lampiran
1: 1.1 Materi Ajar
1.2
Materi ajar program remidial
1.3
Materi ajar program pengayaan
1.4
Lembar kerja peserta didik kelompok
1.5 Lembar kerja peserta didik mandiri
c) Lampiran
2:Media Power Point
d) Lampiran
3:InstrumenPenilaian
Yogyakarta,
Maret 2019
Guru
Pembimbing Praktikan
Asniah Yulianti
DosenPembimbing
Th. Sugiarto P
Lampiran1.1 Materi Ajar
Lampiran1.2 Program Remidial
1.
Materi Remidial
KISI-KISI
PROGRAM REMIDIAL
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
3.10. Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis
sejajar yang dipotong oleh garis transversal
|
3.10.1
Mengidentifikasi hubungan titik garis dan bidang
3.10.2
Mengidentifiksai kedudukan dua garis (sejajar,
berimpit, berpotongan dan bersilangan)
|
4.10. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar
sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis
transversal
|
4.10.1
Menyelsaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
kedudukan dua garis secara runtut.
|
Nama :
.......................................
Kelas :
.......................................
Perhatikan Gambar berikut:
1. Temukan titik-titik yang
terletak pada :
a.
Garis CD
b.
Bidang ADHE
c.
Bidang CFED
2.
Carilah garis-garis yang sejajar dengan
a.
Bidang ABCD
b.
bidang BCGF
c.
Bidang ABGH
3. Carilah
garis-garis yang tegak lurus dengan garis
a. AD
b. FG
Lampiran1.2 Program Lampiran1.2
2.
Materi Pengayaan
KISI-KISI
PROGRAM PENGAYAAN
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
3.10. Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis
sejajar yang dipotong oleh garis transversal
|
3.10.1
Mengidentifikasi hubungan titik garis dan bidang
3.10.2
Mengidentifiksai kedudukan dua garis (sejajar,
berimpit, berpotongan dan bersilangan)
|
4.10. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar
sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis
transversal
|
4.10.1.
Menyelsaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
kedudukan dua garis secara runtut.
|
Nama :
.......................................
Kelas :
.......................................
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!
1.
Perhatikan gambar berikut
Sebutkan
Pasangan garis mana sajakah yang saling sejajar dan
berpotongan?
|
Immposible
is nothing, Keep fight to reach your dream!
Tidak
ada yang tidak mungkin , Tetap semangat meraih cita-citamu
Lampiran
1.4 :
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
KompetensiDasar
|
Indikator
|
3.10. Menganalisis hubungan antar sudut sebagai
akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
|
3.10.1
Mengidentifikasi hubungan titik garis dan bidang
3.10.2
Mengidentifiksai kedudukan dua garis (sejajar, berimpit, berpotongan dan
bersilangan)
|
4.10. Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang
dipotong oleh garis transversal
|
4.10.1
Menyelsaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan dua
garis secara runtut.
|
Lampiran 1.5
KompetensiDasar
|
Indikator
|
3.10. Menganalisis hubungan antar sudut sebagai
akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
|
3.10.1
Mengidentifikasi hubungan titik garis dan bidang
3.10.2
Mengidentifiksai kedudukan dua garis (sejajar, berimpit, berpotongan dan
bersilangan)
|
4.10. Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang
dipotong oleh garis transversal
|
4.10.1
Menyelsaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan dua
garis secara runtut.
|
Lampiran 2
Lampiran 3.1 : Instrumen Penilaian
1) Penilaian
Sikap
Lampiran
4.1 : “PENILAIAN SIKAP”
No
|
Nama Siswa
|
Sikap yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
||
RELIG
|
K S
|
PERDIRI
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
• RELIG :Religius
• K S : Kerja sama
• PERDIRI : Percaya Diri
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan
kriteria:
4 = Sangat Baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap
yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 4 x 4 = 16
4. Kode nilai / predikat :
12 – 16 = Sangat Baik (SB)
8 – 11 = Baik (B)
4 – 7 =
Cukup (C)
0 – 3 = Kurang (K)
Kriteria
Penilaian Sikap
|
SKOR 1
|
SKOR 2
|
SKOR 3
|
SKOR 4
|
RELIGIUS
|
Jika peserta
didik tidak pernah dan selalu diingatkan
untuk memulai dan mengakhiri pelajaran dengan berdoa
|
Jika peserta
didik jarang memulai dan mengakhiri
pelajaran dengan berdoa
|
Jika peserta
didik sering memulai dan mengakhiri
pelajaran dengan berdoa
|
Jika peserta
didikselalu memulai dan mengakhiri
pelajaran dengan berdoa
|
KERJA SAMA
|
Jika peserta
didik tidak pernah aktif dalam
kegiatan diskusi
|
Jika peserta
didik jarang aktif dalam kegiatan
diskusi
|
Jika peserta
didik sering aktif dalam kegiatan
diskusi
|
Jika peserta didik
selalu aktif dalam kegiatan diskusi
|
PERCAYA DIRI
|
Jika peserta
didik tidak pernah dan selalu diingatkan
untuk mengerjakan tugas secara mandiri
|
Jika peserta
didik jarang mengerjakan tugas secara
mandiri
|
Jika peserta
didik sering mengerjakan tugas secara
mandiri
|
Jika peserta didik
selalu mengerjakan tugas secara mandiri
|
2)
Penilaian Pengetahuan
Lampiran
3.2 : “PENILAIAN PENGETAHUAN”
Sekolah : SMP Negeri 2 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VII/ Genap
Alokasi Waktu : 10 menit
TeknikPenilaian : TesTertulis
Bentuk Tes :
Tes Uraian bertanggungjawab
JumlahSoal :
4 soal
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
TEKNIK/
BENTUK SOAL
|
LEVEL
|
NO SOAL
|
3.10. Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis
sejajar yang dipotong oleh garis transversal
|
3.10.3
Mengidentifikasi hubungan titik garis dan bidang
3.10.4
Mengidentifiksai kedudukan dua garis (sejajar,
berimpit, berpotongan dan bersilangan)
|
§ TesUraian
|
C3
|
4
|
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
Nama :
.......................................
Kelas : .......................................
AKU JUJUR DAN AKU BISA
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini
dengan benar!
Dari gambar di atas
- Tentukan titik-titik yang terletak pada
a. Garis BD
b. Bidang BCGF
c. Bidang ABGH
2. Tentukan garis-garis yang sejajar dengan
a.
Bidang ABCD
b.
bidang BCGF
c.
Bidang ABGH
3. Tentukan garis-garis yang tegak lurus dengan garis
a. AB
b. BF
4. Tentukan garis-garis
a. Vertikal
b. Horisontal
KUNCI JAWABAN PENILAIAN PENGETAHUAN
NO
|
SOAL
|
SOLUSI BERTANGGUNGJAWAB
|
SKOR
|
1
|
Dari gambar di
atas
Tentukan titik-titik yang terletak pada
a. Garis BD
b. Bidang BCGF
c. Bidang ABGH
|
Penyelsaian
:
a.
Titik-titik yang terletak pada garis BD adalah titik B
dan D
b.
Titik- titik
yang terletak pada bidang BCGF adalah titik B, C, G, dan F
c.
Titik-titik yang terletak pada bidang ABGH adalah titik
A, B, G, dan H
|
3
|
2
|
Dari gambar di
atas
Tentukan garis-garis yang sejajar dengan
a. Bidang ABCD
b. bidang BCGF
c.
Bidang ABGH
|
Penyelsaian
:
a.
Garis garis
yang sejajar dengan ABCD adalah EF dan HG
b.
Garis garis
yang sejajar dengan BCGF adalah AE dan DH
c.
Garis garis
yang sejajar dengan ABGH adalah EF dan DC
|
3
|
3
|
Dari gambar di
atas
Tentukan garis-garis yang tegak lurus dengan
garis
a. AB
b. DH
|
Penyelsaian
:
a.
Garis garis
yang tegak lurus dengan AB adalah garis BC, AD, AE dan BF
b.
Garis garis
yang tegak lurus dengan BF adalah garis EH, HG. AD dan DC
|
2
|
4
|
Dari gambar di
atas
Carilah
garis-garis yang
a.
Vertikal
b. Horisontal
|
Penyelsaian
:
a.
Garis garis
yang vertikal AE, BF, CG, dan DH
b.
Garis garis
yang horisontal AB, DC, EF dan HG
|
2
|
|
TOTAL
|
|
10
|
3)
Penilaian Keterampilan
Lampiran
3.3 : PENILAIAN KETERAMPILAN
Sekolah :
SMP Negeri 2 Yogyakarta
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/
Semester : VII/ Genap
Alokasi Waktu : 5 menit
TeknikPenilaian : Tes Tertulis
BentukTes :Tes Uraianbertanggungjawab
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
TEKNIK/
BENTUK SOAL
|
LEVEL
|
NO SOAL
|
4.10. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar
sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis
transversal
|
4.10.2
Menyelsaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
kedudukan dua garis secara runtut.
|
§ TesUraian
|
C5
|
1
|
Instrumen
Penilaian Keterampilan
Nama :
.......................................
Kelas : .......................................
AKU JUJUR DAN AKU BISA
1. Perhatikan Limas ABCD.T berikut
Temukanlah :
a. Pasangan garis yang sejajar
b. Pasangan garis yang berpotongan
c. Garis garis horisontal
d. Garis vertikal
|
KUNCI JAWABAN PENILAIAN
KETERAMPILAN
NO
|
SOAL
|
SOLUSI BERTANGGUNGJAWAB
|
SKOR
|
1
|
Perhatikan
Limas ABCD.T berikut
Temukanlah :
a.
Pasangan
garis yang sejajar
b.
Pasangan
garis yang berpotongan
c.
Garis garis
horisontal
d.
Garis
vertikal
|
Penyelsaian
:
a.
Pasangan garis yang sejajar:
AB dan DC
BC dan AD
b.
Pasangan garis
yang berpotongan:
AC dan BD
AB dengan BC, AB dengan AD
AB dengan AC, AB dengan AT
AB dengan AC,
AB dengan BD
DC dengan AD, DC dengan BC
DC dengan DT, DC dengan CT
DC dengan AC, DC dengan BD
c.
Garis
horisontal
AB, BC, CD,DA, AC, DB
d.
Garis vertikal
TO, TA,TC, TB, TD
|
10
|
Penilaian
presentasi
No
|
Nama Siswa
|
Kejelasan menyampaikan
|
Kemampuan berargumen
|
Komunikatif
|
Penggunaan bahasa
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian:
Kurang :skor
1
Cukup :skor
2
Baik :skor 3
Sangatbaik
:skor 4
nilai (N) =
Jumalah skor yang diperoleh peserta didik dibagi jumlah skor maksimal dikali
skor ideal (100)
No
|
Indikator Penilaian
|
Kriteria Penilaian
|
|||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Sangat Baik
|
||
1
|
Penggunaan bahasa
|
Menggunakan bahasa yang baik, kurang baku, dan tidak
terstrukutur
|
Menggunakan bahasa yang baik, kurang baku, dan
terstrukutur
|
Menggunakan bahasa yang baik, baku, tetapi kurang
terstrukutur
|
Menggunakan bahasa yang baik, baku dan terstrukutur
|
2
|
Kejelasan
menyampaikan
|
Artikulasi kurang jelas, suara tidak terdengar,
bertele-tele
|
Artikulasi jelas, suara terdengar, tetapi
bertele-tele
|
Artikulasi kurang jelas, suara terdengar, tidak
bertele-tele
|
Artikulasi jelas, suara terdengar, tidak bertele-tele
|
3
|
Komunikatif
|
Membaca catatan
sepanjang
menjelaskan
|
Pandangan lebih banyak menatap catatan saat
menjelaskan dari pada audiens
|
Pandangan lebih banyak menatap audiens saat
menjelaskan dari pada catatan, tanpa
ada gestur tubuh
|
Pandangan lebih banyak menatap audiens saat
menjelaskan dari pada catatan, dan menggunakan gestur yang membuat audiens
memperhatikan
|
4
|
Kebenaran Konseppengertian, sifat, keliling dan luas
persegi panjang
|
Blm menyimpulkan
konseppengertian, sifat, keliling dan luas
persegi panjang
|
Menyimpulkan
konseppengertian, sifat, keliling dan luas
persegi panjang
belum benar
|
Menyimpulkan
konseppengertian, sifat, keliling dan luas
persegi panjang
secara benar tetapi belum sempurna
|
Menyimpulkan
konseppengertian, sifat, keliling dan luas
persegi panjang
secara benar tetapi belum sempurna
|
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
No comments:
Post a Comment