Thursday, July 16, 2020

ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, KD, IPK, MATERI PEMBELAJARAN, KEGIATAN PEMBELAJARAN, DAN PENILAIAN

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) ialah kriteria terkena kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup beberapa aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi Inti (KI) ialah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang akseptor didik pada setiap tingkat kelas atau aktivitas yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar (KD). Kompetensi Inti mencakup beberapa aspek: perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau aktivitas dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.
Kompetensi Dasar ialah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yangharus diperoleh akseptor didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KDterdapat unsur kemampuan berpikir yang ditetapkan dalam kata kerja dan materi.


Bagian ini mengulas wacana analisis keterkaitan SKL, KI-KD, dan Silabus kaitannya dengan penentuan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan materi pokok sebagai materi pembelajaran dan evaluasi dalam rangka pencapaian Kompetensi Dasar (KD) serta sanggup menyebarkan nilai-nilai abjad terkait dengan olah hati, olah pikir, olah rasa dan karsa, serta olah raga yang sanggup meningkatkan keterampilan Abad 21 terkait dengan keterampialn berpikir kritis dan pemecahan problem (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativities Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Commnication Skills). Unit 1 ini ialah uraian pertama untuk mengulas unit-unit diberikutnya.

misal:
3.1 menandakan dan menentukan urutan pada bilangan bundar (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen
4.1 menuntaskan problem yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bundar dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)

  • Standar Kompetensi Lulusan (SKL) ialah muara utama pencapaian tiruana mata pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
  • Kompetensi Inti (KI); ialah pijakan pertama pencapaian yang dituju tiruana mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu
  • Kompetensi Dasar (KD); ialah tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
  • Penguatan pendidikan abjad melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.

bERIKUT linnya ya analisis skl, ki, kd

No comments:

Post a Comment

KRITERIA KETUNTASAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP) SMP Negeri 2 Purbalingga

KKTP KRITERIA KETUNTASAN TUJUAN PEMBELAJARAN KKTP merupakan