Thursday, January 27, 2022

KATA KERJA OPERASIONAL TAKSONOMI BLOOM UNTUK RANAH KOGNITIF

 

KATA KERJA OPERASIONAL TAKSONOMI BLOOM UNTUK RANAH KOGNITIF

NO

RANAH KOGNITIF

LEVEL 1 ( C1 )

MENGINGAT

LEVVEL 2 ( C2 )

MEMAHAMHI

LEVEL 3 ( C3 )

MENERAPKAN/APLIKASI

LEVEL 4 ( C4 )

MENGANALISA

LEVEL 5 ( C5 )

MENILAI

LEVEL 6 ( C6 )

MENCIPTA

 

Memasangkan

Membaca

Memberi indeks

Memberi kode

Memberi label

Membilang

Memilih

Mempelajari

Menamai

Menandai

Mencatat

Mendaftar

Menelusuri

Mengenali

Menggambar

Menghafal

Mengidentifikasi

Mengulang

Mengutip

Meninjau

Meniru

Mentabulasi

Menulis

Menunjukkan

Menyadari

Menyatakan

Menyebutkan

Mereproduksi

Menempatkan

Melakukan inferensi

Melaporkan

Membandingkan

Membedakan

Memberi contoh

Membeberkan

Memperkirakan

Memperluas

Mempertahankan

Memprediksi

Menafsirkan

Menampilkan

Menceritakan

Mencontohkan

Mendiskusikan

Menerangkan

Mengabstraksikan

Mengartikan

Mengasosiasikan

Mengekstrapilasi

Mengelompokkan

Mengemukakan

Menggali

Menggeneralisasikan

Menggolong-nggolongkan

Menghitung

Mengilustrasikan

Menginterpretasikan

Mengkategorikan

Mengklarefikasi

Mengkontraskan

Mengubah

Menguraikan

Menjabarkan

Menjalin

Menjelaskan

Menterjemahkan

Mentranslasi

Menunjukkan

Menyimpulkan

Merangkum

Meringkas

Mengindentifikasi

 

Melaksanakan

Melakukan

Melatih

Membiasakan

 Memodifikasi

Mempersoalkan

Memproses

Mencegah

Menentukan

Menerapkan

Mengadaptasi

Mengaitkan

Mengemukakan

Menggali

Menggambarkan

Menggunakan

Menghitung

Mengimplementasikan

Mengkalkulasi

Mengklasifikasi

Mengkonsepkan

Mengopersikan

Mengurutkan

Mensimulasikan

Mentabulasi

Menugaskan

Menyelidiki

Menyesuaikan

Menyusun

Meramalkan

Menjalankan

Mempraktekkan

Memilih

Memulai

Menyeleaikan

 

Melatih

Memadukan

Memaksimalkan

Membagankan

Membeda-bedakan

Membuat struktur

Memecahkan

Memerintah

Memfokuskan

Memilih

Menata

Mencerahkan

Mendeteksi

Mendiagnosis

Mendiagramkan

Menegaskan

Menelaah

Menetapkan sifat/ciri

Mengaitkan

Menganalisis

Mengatribusikan

Mengaudit

Mengedit

Mengkorelasikan

Mengorganisasikan

Menguji

Menguraikan

Menjelajah

Menominasikan

Mentransfer

Menyeleksi

Merasionalkan

Merinci

Membuktikan

Memilih

Memisahkan

Memonitor

Memperjelas

Mempertahankan

Memprediksi

Memproyesikan

Memutuskan

Memvalidasi

Menafsirkan

Mendukung

Mengarahkan

Mengecek

Mengetes

Mengkoordinasikan

Mengkritik

Mengkritisi

Menguji

Mengukur

Menilai

Menimbang

Menugaskan

Merinci

Membenarkan

Menyalahkan

Memadukan

Membangun

Membatas

Membentuk

Membuat

Rancangan

Memfalisitasi

Memperjelas

Memproduksi

Memunculkan

Menampilkan

Menanggulangi

Menciptakan

Mendikte

Menemukan

Mengabstaksi

Menganimasi

Mengarang

Mengatur

Menggabungkan

Menggeneralisasi

Menghasilkan  karya

Menghubungkan

Mengingatkan

Mengkategorikan

Mengkode

Mengkombinasikan

Mengkreasikan

Mengoreksi

Mengumpulkan

Mengusulkan

Hipotesis

Menyiapkan

Menyusun

Merancang

Merekontruksi

Merencanakan

Mereparasi

Merumuskan

Memperbaharui

Menyempurnakan

Memperkuat

Memperindah

Mengubah

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment

KRITERIA KETUNTASAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP) SMP Negeri 2 Purbalingga

KKTP KRITERIA KETUNTASAN TUJUAN PEMBELAJARAN KKTP merupakan