Sunday, September 29, 2019

Soal Aljabar Pilihan Ganda 40 Kelas 7

Soal Aljabar Pilihan Ganda 40 Kelas 7


1.      Banyak suku pada bentuk aljabar x3 – 3x2+ 2x – 3 adalah ....
a.       6
b.      5
c.       4
d.      3
2.      Koefisien x dari bentuk aljabar 2x2 + 2ax – y + 5 adalah ....
a.       2
b.      2a
c.       –1
d.      5
3.      Bentuk sederhana dari 6x – 3y + 3x + 7y adalah ....
a.       9x + 4y
b.      9x – 4y
c.       3x + 10y
d.      3x – 10y
4.      Hasil penjumlahan 4x – 2y + 4 dengan 2x + 3y – 5 adalah ....
a.       6x + y + 1
b.      6x – y + 1
c.       6x + y – 1
d.      6x – y – 1
5.      Jika 5x – 3y + 5 dikurangkan dari (2y – 3x – 2) hasilnya ....
a.       7 + 5y + 8x
b.      –7 – 5y + 8
c.       7 – 5y – 8x
d.      –7 + 5y – 8x
6.      Jika a = –1, b = –3, dan c = 5, nilai dari –a2 + 2b – 3c adalah ....
a.       –22
b.      –12
c.       –10
d.      –4
7.      Jika x – 5 = 2, maka nilai x + 3 adalah ....
a.       –8
b.      –4
c.       8
d.      10
8.      Bentuk sederhana dari 5(x – 2y) – 3(x – 5y) adalah ....
a.       –2x – 5y
b.      5y – 2x
c.       2x + 5y
d.      2x – 5y
9.      Untuk x = –3 dan y = 2, nilai dari 3x + 2y – xy adalah ....
a.       11
b.      6
c.       5
d.      1
10.  Bentuk 12abc – 4ab dinyatakan sebagai hasil kali ....
a.       12ab(c – 4)
b.      4ab(3c – 1)
c.       3ab(4c – 1)
d.      12ab(c– 1)
11.  Hasil pengurangan 8p + 5q dari 2p – 4q adalah ....
a.       –6p – 9q
b.      –6p + 9q
c.       6p + 9q
d.      6p – 9q
12.  Untuk p = 5x – x2 dan q = 4x2 + 3x. Nilai dari 2p – q adalah ....
a.       6x2 – 7x
b.      6x2 + 7x
c.       7x – 6x2
d.      –7x – 6x2
13.  Suatu persegi panjang memiliki panjang 18 cm dan lebar (x – 3) cm, luas 198 cm2, maka kelilingnya adalah ....
a.       48
b.      50
c.       54
d.      58 cm
14.  Lebar suatu persegi panjang adalah 10 kurangnya dari panjangnya. Jika keliling persegi panjang itu 80 cm, maka luasnya adalah ....
a.       475 cm2 c. 375 cm2
b.      465 cm2 d. 365 cm2
15.  Bentuk berikut yang merupakan persamaan adalah ....
a.       5 + 7 = 3 + 9
b.      8 + 10 = 9 + 9
c.       8 + = 10x
d.      2 – < 10 – 2x
16.  Pernyataan berikut merupakan pernyataan yang benar, kecuali ....
a.       8 bukan bilangan prima
b.      1 menit = 60 detik
c.       –3 – (–4) = –7
d.      3 = 3 5
17.  Nilai dari 3(– 2) = + 10, �� B, adalah ....
a.       3
b.      5
c.       6
d.      8
18.  Jika dan c, maka ....
a.       a
b.      c
c.       b
d.      b
19.  Pernyataan di bawah ini yang merupakan pertidaksamaan adalah ....
a.       + 2 = 5
b.      12 – 5 = 7
c.       3– 8 >1
d.      4+ 6 = 10
20.  Umur Dina 5 tahun lebihnya dari umur Dona. Jika jumlah umur mereka 23 tahun, maka umur Dina adalah ....
a.       15 tahun
b.      14 tahun
c.       9 tahun
d.      7 tahun
21.  Nilai yang memenuhi persamaan 2(3– 5) = 2+ 6 adalah ....
a.       1
b.      3
c.       4
22.  Seorang pedagang membeli 200 buah mangga. Setelah diperiksa ternyata ada 15 buah mangga yang busuk. Banyak mangga yang terjual adalah sebanyak buah dan sisanya 75 buah. Kalimat matematikanya adalah ....
a.       15 = 75 –x
b.      + 75 = 100
c.       200 – = 75
d.      185 – = 75
23.  Suatu bilangan asli, jika dikalikan dengan 4, kemudian ditambah dengan 4, maka hasilnya kurang dari 20. Bilangan-bilangan itu adalah ....
a.       1, 2, 3, 4
b.      1, 2, 3
c.       2, 3, 4
d.      2, 3
24.  Sebuah persegipanjang, panjangnya 2 kali lebarnya. Jika kelilingnya tidak kurang dari 24 cm, maka ukuran maksimum dari panjang dan lebarnya adalah ....
a.       6 cm dan 3 cm
b.      8 cm dan 4 cm
c.       8 cm dan 6 cm
d.      9 cm dan 6 cm
25.  Panjang sisi suatu persegi (+ 3) cm. Kelilingnya tidak lebih dari 36. Luas maksimum persegi itu adalah ....
a.       16 cm2
b.      24 cm2
c.       32 cm2
d.      36 cm2
  1. Bentuk paling sederhana dari 5x2y – 3xy2 – 7x2y + 6xy2 adalah ….
a.       a.       3xy2 – 12x2y                                  c.  3xy2– 2x2y
b.      b.      9xy2 – 2x2y                                    d.  9xy2– 12x2y

  1. Bentuk 3a – 5b – a – 4b dapat disederhanakan menjadi ….
a.       a.       2a – 9b                                          c.  -3a – 9b
b.      b.      2a + 9b                                          d. -3a + 9b

  1. Jumlah dari 4x + 5y – 8z dan x – 2y – 3z adalah ….
a.       a.       5x + 3y – 11z                                c. 5x – 3y – 11z
b.      b.      4x + 3y – 11z                                d. 4x – 3y – 11z

  1. Hasil pengurangan 3x2 + 4x – 2 oleh 3x2 – 6dx + 8 adalah ….
a.       a.       -10x  + 10                                      c. -2x  + 6
b.      b.      10x  – 10                                       d.  -2x  – 10

  1. -2x + 3y dikurangkan dari 2x + 3y, hasilnya ….
a.       a.       6y                                                  c.  4x
b.      b.      6y2                                                                d.  -4x

  1. Apabila -5(y – 2) dikurangkan dari 7(y + 1), hasilnya adalah ….
a.       a.       2y – 3                                            c.  12y + 17
b.      b.      2y + 17                                          d.  12y – 3

  1. -2(-q – r) = ….
a.       a.       -2q – r                                            c.  2q + 2r
b.      b.      2q + r                                             d.  -2q – 2r

  1. Hasil dari -3p(-4q + 5r) adalah ….
a.       a.       12pq + 15pr                                   c.  12pq – 15pr
b.      b.      -12pq – 15pr                                  d.  -12pq – 3pr

  1. (3x + 4)(x – 2) = ….
a.       a.       3x2 + 10x – 8                                 c. 3x2 – 2x – 8
b.      b.      3x2 – 10x – 8                                 d. 3x2 + 2x – 8

  1. Hasil kali (3x – 4y)(4x + 3y) adalah ….
a.       a.       12x– 7xy – 12y2                                  c. 12x+ xy – 12y2
b.      b.      12x– xy – 12y2                                     d. 12x+ 7xy – 12y2

  1. Hasil dari (4x – 3)2 adalah ….
a.       a.       8x2 – 6                                           c.  8x2 – 12x + 9
b.      b.      16x2 + 9                                         d.  16x2 – 24x + 9

  1. (3g – 5h)2 sama dengan ….
a.       a.       9g2 – 15gh + 25h2                                  c.  9g2 – 30gh – 25h2
b.      b.      9g2 – 15gh – 25h2                                  d. 9g2 – 30gh + 25h2


  1. Hasil dari (-3x – 4y)2 adalah ….
a.       a.       -9x– 24xy – 16y2                                 c. 9x2  – 24xy + 16y2
b.      b.      -9x+ 24xy – 16y2                                                d. 9x2+ 24xy + 16y2

  1. Bentuk x2 + 2x – 48 jika difaktorkan adalah ….
a.       a.       (x – 6)(x – 8)                                 c. (x – 4)(x – 12)
b.      b.      (x + 8)(x – 6)                                 d.  (x + 24)(x – 2)

  1. Salah satu faktor dari: 2x– 5xy – 12y2adalah ….
a.       a.       (2x + 3y)                                       c.   (x – 2y)
b.      b.      (2x + 4y)                                       d.   (2x – 12y)

No comments:

Post a Comment

KRITERIA KETUNTASAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP) SMP Negeri 2 Purbalingga

KKTP KRITERIA KETUNTASAN TUJUAN PEMBELAJARAN KKTP merupakan